Find Us On Social Media :

Sebelumnya PUEBI, Ejaan Bahasa Indonesia Kembali Gunakan EYD Edisi Ke-V

Sistem penulisan berdasar Ejaan Bahasa Indonesia yang sebelumnya menggunakan PUEBI dirubah lagi jadi EYD Edisi ke-V.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa pedoman berbahasa Indonesia yang baik dan benar kembali menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD)?

Menurut laman resmi kemdikbud.go.id, EYD merupakan pedoman resmi yang dipergunakan bagi instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Badan Bahasa Kemendikbudristek kembali meluncurkan EYD edisi ke-V setelah sebelumnya menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Peluncuran EYD V pada Sabtu (20/8/2022) kemarin bertepatan dengan penetapan EYD pada 1972 lalu yang akan kembali disesuaikan dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

KBBI yang saat ini digunakan akan berlaku hingga akhir Oktober 2022 tahun ini dan selanjutkan akan disempurnakan dan diakomodasikan dalam sistem sepenuhnya.

PUEBI sebelumnya menggantikan EYD edisi ke-4, namun kini kembali menggunakan EYD edisi terbaru atau edisi kelimanya.

Edisi terbaru disebut akan mencantumkan perubahan yang signifikan yaitu sebanyak 50% perubahannya.

Umumnya, perubahan pada edisi terbaru ini berkaitan dengan penambahan kaidah yang baru dan perubahan pada kaidah yang sudah ada sebelumnya.

Tak hanya itu, ada juga perubahan redaksional, contoh, hingga tata cara penyajiannya.

Beberapa menu yang ada dalam edisi kelima seperti penggunaan huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, hingga penulisan unsur serapan.

Lalu, kenapa sih kamu perlu memerhatikan sistem ejaan bahasa Indonesia terbaru ini?

Baca Juga: Mengenal Penulisan Huruf Kapital yang Baik dan Benar Menurut PUEBI