Find Us On Social Media :

Potensi Sumber Daya Hutan Indonesia dan Hasil Alamnya, IPS Kelas 7 SMP Tema 3

Indonesia sebagai negara tropis memiliki potensi sumber daya alam hutan yang melimpah.

GridKids.id - Pada artikel sebelumnya GridKids sudah belajar bersama tentang potensi sumber daya air di Indonesia.

Kali ini kamu akan diajak untuk belajar tentang potensi sumber daya alam Indonesia lainnya yaitu potensi sumber daya hutan.

Dalam buku ilmu pengetahuan sosial kelas VII SMP Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 139-142 menjelaskan tentang potensi sumber daya hutan Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hutan adalah tanah luas yang ditumbuhi pohon-pohon (biasanya tak dipelihara orang).

Hutan di Indonesia dikenal sebagai tipe hutan hujan tropis yang bervariasi dari hutan pegunungan, dataran rendah, hingga hutan pantai.

Hutan Indonesia punya potensi yang sangat besar dengan luas mencapai 99,6 juta hektar atau sekitar 52,3% dari luas wilayah Indonesia.

Luas hutan Indonesia terbesar bisa ditemukan di Pulau Papua, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Sumatra.

Hutan yang ada di Pulau Jawa banyak yang sudah berkurang karena terjadi alih fungsi untuk pertanian dan permukiman penduduk.

Tak hanya luas, hutan-hutan di Indonesia juga menyimpan kekayaan flora dan fauna atau keanekaragaman hayati yang sangat besar.

Pada hutan-hutan Indonesia juga memiliki spesies endemik yang hanya ditemukan di Indonesia, seperti komodo, anoa, burung maleo, dsb.

Hutan Indonesia juga menghasilkan banyak sumber daya alam, seperti kayu, obat-obatan, hingga buah-buahan.

Baca Juga: Negara dengan Urutan Hutan Terbesar di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?