Find Us On Social Media :

Salah Satunya Pernah Ditinggali Dinosaurus, Ini 6 Urutan Gurun Terluas di Dunia

Urutan gurun terluas di dunia selain gurun Sahara

GridKids.id - Gurun Sahara menjadi salah satu gurun yang terkenal dan populer.

Yap, artikel kali ini akan membahas tentang urutan gurun terluas di dunia yang menarik untuk diketahui.

Gurun Sahara memang sudah menjadi gurun terluas karena areanya yang sangat luas.

Bahkan, saking luasnya gurun ini, kita hanya bisa melihat lautan pasir yang tak berujung.

Enggak hanya gurun Sahara saja, ada pula gurun-gurun lainnya yang tak kalah luas, Kids.

Apa saja itu? Yuk, langsung saja kita cek lewat ulasan berikut ini!

5 Urutan Gurun Terluas di Dunia

1. Gurun Great VictoriaGurun Great Victoria terletak di Australia yang memiliki luas 647.000 km persegi.

Baca Juga: Banyak Ditemukan di Gurun Gersang, Kenapa Tanaman Kaktus Berduri?

Gurun ini terdiri dari pasir merah dengan curah hujan sekitar 162 mm setiap tahunnya.Sama seperti gurun lainnya, suhu rata-rata di Great Victoria ini cukup tinggi yaitu 40 derajat celcius dan jadi lebih dingin saat musim dingin tiba.Wilayah gurun ini adalah tanah suku Aborigin yang merupakan suku asli Australia dan sisanya tempat konservasi.2. Gurun PatagoniaGurun Patagonia merupakan gurun yang berlokasi di Argentina.Petagonia merupakan gurun terluas keenam di dunia dengan total luas wilayah yang mencapai 673.000 km persegi.

Gurun ini berbatasan dengan pegunungan Andes di sebelah barat dan samudra Atlantik yang berada di bagian timur.Berbeda dengan gurun di Australia, gurun ini merupakan gurun semi kering dengan curah hujan 160 sampai 200 mm tiap tahunnya.3. Gurun KalahariBaca Juga: Kenapa Unta Bisa Bertahan Hidup di Gurun Pasir yang Tandus?

Gurun Kalahari yang terletak di Afrika ini memiliki luas mencapai 930.000 km.Curah hujan di gurun Kalahari ini cukup tinggi sekitar 500 mm per tahunnya. Gurun ini juga cukup tua karena telah terbentuk 2,6 juta tahun yang lalu.Wilayah ini enggak terlalu kering dan menjadi pemukiman manusia di masa lalu dan terdapat sejumlah artefak berusia 70 ribu tahun di wilayah Botswana.4. Gurun GobiDi Asia juga memiliki gurun Gobi yang terletak di Magnolia dan China. Kata Gobi dalam bahasa Mongolia memiliki arti tempat tanpa air.Namun sebenarnya gurun ini memiliki curah hujan yang cukup tinggi untuk sebuah gurun.Suhu yang mencapai 40 derajat celcius ini di musim panas enggak membuat tempat ini sejuk.Di musim dingin, suhu gurun Gobi bisa turun hingga -30 derajat. Dengan luas 1,3 juta km persegi, gurun ini ditemukan banyak kerangka dinosaurus termasuk kerangka T-Rex yang berusia 70 juta tahun.5. Gurun ArabBaca Juga: Bagaimana Hewan Gurun Mengatasi Cuaca Panas? #AkuBacaAkuTahu