Find Us On Social Media :

Mengenal Interaksi Antarkomponen dalam Sebuah Ekosistem, IPA 7 SMP Tema 5

Dalam sebuah ekosistem yang tersusun dari berbagai komponen akan terjadi interaksi makhluk hidup maupun komponen tak hidupnya.

GridKids.id - Kids, sebelumnya GridKids pernah mengajakmu belajar tentang komponen lingkungan tempat tinggal organisme makhluk hidup.

Dalam Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 168-172 dijelaskan tentang sub-bab aliran energi dan daur biogeokimia. Apakah maksudnya?

Sekarang simak materi Interaksi Antarkomponen dalam Sebuah Ekosistem, yuk!

Makhluk hidup enggak bisa dilepaskan dari energi, karena energi merupakan salah satu sumber tenaga makhluk hidup untuk bertahan hidup.

Makhluk hidup memeroleh energi dengan berbagai cara, misalnya tumbuhan yang membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis atau menghasilkan makanannya sendiri.

Energi yang sudah dirubah dalam bentuk hasil fotosintesis pada tumbuhan itulah yang mengawali terjadinya rantai makanan.

Rantai makanan merupakan sebuah proses perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya lewat peristiwa makan dan dimakan.

Sedangkan daur biogeokimia adalah sebuah interaksi yang terjadi antara komponen biotik dan abiotik di dalam sebuah ekosistem.

Daur biogeokimia berkaitan dengan siklus air yang terjadi dalam sebuah ekosistem lingkungan hidup.

Baca Juga: Apa Saja Peran Makhluk Hidup dalam Rantai Makanan? IPAS Kelas 5 SD

Unsur-unsur kimia yang ada di alam akan beredar lewat komponen biotik lalu dikembalikan lagi ke lingkungannya, dan proses ini terus berulang.

Interaksi Antarkomponen dalam Ekosistem