Find Us On Social Media :

Pengertian dan Makna Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bagi Pelajar

(ilustrasi) Proklamasi adalah pemberitahuan resmi kepada seluruh rakyat.

GridKids.id - Apa yang kamu ketahui tentang pengertian dan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia bagi pelajar?

Pada bulan Agustus seluruh warna negara Indonesia memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17.

Tahun 2022 Indonesia memasuki 77 tahun kemerdekaan, Kids.

Kemerdekaan Indonesia merupakan bukti dari perjuangan para pahlawan melawan penjajah dan wujud nasionalis bagi bangsa Indonesia.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan maknanya bagi pelajar.

Untuk mengetahui pengertian proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan maknanya bagi pelajar, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proklamasi adalah pemberitahuan resmi kepada seluruh rakyat.

Sementara proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ialah pernyataan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 yang ditandai dengan dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno didampingi Drs. Mohammad Hatta.

Baca Juga: Hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945

Proklamasi kemerdekaan juga dimaknai sebagai pernyataan resmi yang menandakan terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajah.

Teks proklamasi disusun oleh Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Soebardjo kemudian diketik oleh Sayuti Melik dan berada di rumah Laksamana Maeda.

Selain menandakan kemerdekaan, proklamasi juga menjadi awal dari pembangunan hukum nasional yang ada di Indonesia, lo.