Find Us On Social Media :

Mengenal Macam-Macam Urutan Takson Makhluk Hidup, IPA Kelas 7 SMP Tema 5

Potret makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuhan.

GridKids.id - Pengelompokan atau klasifikasi makhluk hidup dilakukan secara sistematis dan bertahap.

Organisme yang punya persamaan tertentu dimasukkan dalam satu kelompok.

Dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 145-148 menjelaskan tentang ilmu klasifikasi makhluk hidup (taksonomi).

Tiap-tiap anggota kelompok dicari perbedaan dan persamaan ciri-ciri lainnya untuk membentuk kelompok yang lebih kecil.

Tujuannya adalah untuk menyederhanakan objek makhluk hidup yang beraneka ragam sehingga akan lebih mudah untuk mempelajarinya.

Hasil dari klasifikasi makhluk hidup adalah terbentuknya kelompok-kelompok makhluk hidup yang punya banyak persamaan yang disebut takson.

Makin tinggi tingkatan takson maka anggota taksonnya semakin banyak, namun akan semakin sedikit persamaan antar anggota taksonnya.

Sebaliknya, makin rendah tingkatan takson akan makin sedikit anggotanya, tapi akan makin banyak persamaan antar anggotanya.

Berikut adalah penjelasan tentang urutan takson makhluk hidup yang perlu kamu tahu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA kelas 7 SMP Halaman 79, Bab 2: Klasifikasi Makhluk Hidup

Urutan Takson Makhluk Hidup

Organisme di dunia ini dikelompokkan jadi beberapa kingdom (kerajaan) yaitu monera (organisme tanpa membran inti sel), protista (organisme yang memiliki jaringan sederhana), fungi (jamur), plantae (tumbuhan), dan animalia (hewan).