Find Us On Social Media :

Pengertian dan Konsep Hukum I, II, III Newton, IPA Kelas 7 SMP Tema 4

Hukum Newton adalah salah satu teori fisika yang membahas tentang pergerakan benda di alam semesta.

GridKids.id - Setelah belajar tentang gaya dalam fisika pada artikel sebelumnya, kali ini kamu akan diajak belajar bersama tentang hukum newton, nih, Kids.

Dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 123-127 diuraikan tentang pengaruh hukum newton pada gerak benda.

Hukum Newton yang ditemukan oleh Bapak Isaac Newton pada abad-17 menjawab pertanyaan manusia tentang persoalan gerak yang terjadi di alam semesta dalam tiga hukum sederhana.

Tiga hukum itu adalah Hukum Newton I, II, dan III yang dituliskan dalam bukunya yaitu Philosphiae Naturalis Principia Mathematica.

Semua gerak benda yang terjadi di alam semesta diawali dari kondisi diam, lalu bergerak karena ada gaya yang menyebabkannya.

Selain itu, jika tidak ada gaya yang memicu, pola gerak benda juga tidak bisa terjadi secara bebas atau tidak beraturan.

Pergerakan benda selalu mengikuti aturan atau pola yang pasti, misalnya benda dilempar lurus pasti akan melengkung jatuh ke bawah.

Gerak pada benda umumnya bersifat deterministik atau bisa dihitung lintasan, arah kecepatan, hingga percepatannya.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang Hukum Newton yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak sama-sama uraian di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Pengertian Gerak Benda dan Contoh Perpindahan, IPA Kelas 7 SMP Tema 1

Macam-Macam Hukum Newton