Find Us On Social Media :

Bagaimana Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia? Kelas 5 SD Tema 1

Persebaran flora dan fauna di Indonesia, materi kelas 5 SD tema 1.

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 5 SD tema 1 kali ini, kamu akan belajar tentang Manusia dan Lingkungan.

Di dalalmnya terdapat pertanyaan bagaimana persebaran flora dan fauna di Indonesia?

Untuk mengetahui jawabannya, simak dulu isi materinya berikut ini!

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Bentang alam yang luas ini memiliki flora dan fauna dengan beragam jenis.

Iklim, kenampakan alam, dan kekayaan flora dan fauna yang dimiliki bangsa Indonesia harus dimanfaatkan secara bertanggung jawab.

Tiap kali pemanfaatannya juga harus memikirkan mengenai dampak yang ditimbulkan disertai dengan upaya pelestariannya. Selain itu pemanfaatannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Kita enggak boleh memanfaatkan kekayaan potensi alam yang dimiliki Indonesia secara sembarangan. Ada sebagian kekayaan alam yang tak bisa diperbarui, misalnya saja berbagai macam bahan tambang seperti emas, batu bara, minyak bumi, timah, dan lain-lain.

Bahan-bahan tersebut memiliki keterbatasan jumlah yang suatu saat akan habis. Dalam pemanfaatan kayu hutan kita juga enggak boleh melakukannya sembarangan.

Baca Juga: Menentukan Ide Pokok 'Beragamnya Flora dan Fauna di Indonesia, Kelas 5 SD Tema 1

Kita enggak boleh menebang pohon dan membakar hutan secara tak bertanggung jawab. Jika penebangan hutan dilakukan terus menerus tanpa adanya usaha pelestarian maka yang terjadi adalah perubahan iklim yang memicu terjadinya global warming (meningkatnya suhu bumi), hilangnya habitat hidup berbagai flora dan fauna, punahnya jenis-jenis flora dan fauna tertentu, menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor.

Menurut coraknya, fauna Indonesia dikelompokkan menjadi 3, yaitu Fauna Bagian Barat, Fauna Bagian Tengah, dan Fauna Bagian Timur. Fauna Bagian Barat dan Tengah dipisahkan oleh Garis Wallace. Fauna Bagian Timur dan Tengah dipisahkan oleh Garis Weber.