Find Us On Social Media :

Pengaruh Kebudayaan Islam di Indonesia: Bidang Politik, Sosial, dan Pendidikan, IPS Kelas 7 SMP Tema 1

Pengaruh kebudayaan Islam masuk ke Indonesia dan menggantikan pengaruh Hindu-Buddha yang sudah lebih dulu dianut di nusantara.

GridKids.id - Setelah pengaruh Islam mulai masuk dan berkembang di Nusantara, pengaruh Hindu-Buddha di masyarakat mulai luntur dan berganti.

Pada buku tematik Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP terbitan Kemdikbud halaman 47-48 menjelaskan tentang pengaruh kebudayaan Islam pada kehidupan masyarakat Indonesia.

Kebudayaan Islam begitu dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia saat ini.

Pengaruh kebudayaan Islam bercampur dengan serasi dengan kebudayaan asli dan Hindu-Buddha yang lebih dulu berkembang di Indonesia.

Di bawah ini adalah pengaruh kebudayaan Islam yang berkembang di Indonesia bagi masyarakatnya.

Pengaruh Kebudayaan Islam dalam Kehidupan Masyarakat

1. Bidang Politik

Sebelum Islam masuk Indonesia, sistem pemerintahan bercorak Hindu-Buddha sudah berkembang di Indonesia.

Pasca masuknya pengaruh Islam di Indonesia, kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha mengalami kemunduran dan keruntuhan.

Baca Juga: Hasil Kebudayaan Masyarakat Nusantara pada Masa Pengaruh Islam, IPS Kelas VII SMP

Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha lalu digantikan dengan kerajaan-kerajaan bercorak Islam, seperti Samudera Pasai, Demak, Malaka, dan lainnya.

Berbeda dengan sistem pemerintahan pada masa Hindu-Buddha yang menjadikan raja sebagai kepala pemerintahan, pada masa kerajaan Islam pemimpin tertinggi dipegang oleh Sultan atau Sunan.