Find Us On Social Media :

Mengapa Kucing Takut Sama Air? Bisa Jadi Alasannya Karena 4 Hal Ini

Alasan kucing takut sama air ternyata enggak hanya karena faktor genetik.

GridKids.id - Siapa nih, yang punya kucing peliharaan di rumah?

Sebagai pemilik, kamu pasti selalu memperhatikan setiap tingkah laku yang dilakukan hewan berbulu yang satu ini.

Mulai dari kebiasaan kucing yang suka mengeong hingga takut sama air.

Yap, kebiasaannya yang satu ini pasti sering kamu lihat jika ada air yang mengenai tubuh kucing.

Bukan hanya karena mandi, kucing juga takut terhadap percikan air dan akan langsung kabur sambil mengibaskan bulunya.Tetapi, apakah kamu tahu apa alasan kucing takut sama air?Kalau kamu penasaran, yuk, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

1. Kucing Enggak Mau Merusak BulunyaKucing enggak ingin bulunya jika terkena air dan menjadi bau, selain itu kucing juga merasa enggak nyaman jika terkena air.

Baca Juga: Kenalan dengan British Shorthair, Kucing dengan Karakter Tenang dan Penyayang

Kucing yang basah akan menjadi lebih berat dan kucing merasa enggak nyaman karena bulu yang basah dengan air akan membutuhkan waktu lama untuk kering.2. Berbau Aneh

Seperti yang diketahui, kucing juga memiliki indra penciuman yang sangat kuat sehingga mampu membedakan banyak aroma berbeda.Aroma air yang mengandung bahan kimia dan tersimpan lama dalam wadah membuat kucing jadi enggan mendekatinya.Makanya, inilah salah satu alasan mengapa kucing takut dengan air yang dianggap berbau aneh.

3. GenetikaGenetika menjadi salah satu faktor mengapa kucing enggak suka sama air.Kucing merupakan hewan yang dapat lama bertahan hidup di habitat yang kering seperti sabana dari generasi ke generasi kucing.Nah, kucing juga enggan berendam diperairan karena takut jika ada hewan pemangsa seperti ular yang dapat memburunya.

Baca Juga: Tak Hanya Makanan, Inilah Beberapa Penyebab Kucing yang Keracunan

Makanya, kucing lebih merasa aman dan nyaman jika berada di tempat kering.4. Kehilangan KendaliSalah satu alasan mengapa kucing sangat takut jika terkena air adalah karena kucing selalu merasa kehilangan kendalinya.Hewan berbulu ini memiliki karakteristik yang lincah dan kaki yang ringan sehingga dapat melompat dengan mahir.Saat kucing berada di dalam air, kucing akan merasakan kesulitan jika berenang atau sekadar berendam dalam air.