Find Us On Social Media :

Benarkah Nenek Moyang Orang Indonesia adalah Seorang Pelaut?

Nenek moyang orang Indonesia adalah seorang pelaut handal yang diakui kemampuannya oleh bangsa Barat yang singgah ke nusantara.

GridKids.id - Kids, kamu pasti enggak asing dengan lagu "Nenek Moyangku" ciptaan Ibu Sud.

Lagu itu menceritakan tentang nenek moyang bangsa Indonesia yang merupakan seorang pelaut tangguh yang pemberani.

Tapi, benarkah nenek moyang orang Indonesia adalah seorang pelaut?

Lagu itu enggak sekedar karangan atau imajinasi saja, lo, melainkan sebuah fakta yang didukung oleh banyak teori dan bukti sejarah di baliknya.

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah mencapai 1.904.569 kilometer persegi.

Letak geografi Indonesia diapit oleh dua Samudera besar yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Wilayah Indonesia juga terdiri dari lima kepulauan besar yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua hingga belasan ribu pulau-pulau kecil lainnya.

Wilayah geografis yang terdiri dari banyak sekali pulau membuat mata pencaharian masyarakat nusantara pada masa lalu mayoritas adalah pelaut.

Bahkan pada abad ke 16 dan 17, mata pencaharian sebagai nelayan sama bergengsinya dengan profesi dokter saat ini. Lalu, apakah yang membuat tren kehidupan maritim semakin tergeser saat ini?

Baca Juga: Mengisi Pokok Pikiran Teks Bacaan Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris, Kelas 5 SD Tema 5

Alasan Tren Budaya Maritim Nusantara Mengalami Kemunduran

Kedatangan bangsa asing ke wilayah nusantara perlahan mulai menggeser kebudayaan dan pola kehidupan masyarakat nusantara.