Find Us On Social Media :

Perbedaan Waktu di Indonesia: Apa Bedanya WIB, WITA dan WIT?

Perbedaan waktu di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah (WIB, WITA, dan WIT).

GridKids.id - Kids, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan waktu di Indonesia yang terbagi menjadi tiga bagian.

Yap, seperti yang kita tahu bahwa Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Kenapa pembagian waktu dibagi menjadi tiga wilayah? 

Pembagian waktu ini dilakukan karena bentang luas Indonesia sekitar 1,9 juta kilometer persegi dengan letak geografis 96 derajat BT hingga 141 derajat BT.

Pembagian waktu ini juga berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1987 yang juga berdasarkan dari Greenwich Mean Time (GMT).

GMT merupakan sistem pengaturan waktu di seluruh dunia berdasarkan letak geografis.

GMT juga bahkan sudah digunakan sejak 1884 dan menjadi rujukan waktu internasional yang berdasarkan jam matahari di Greenwich, Inggris.

Waktu Indonesia Barat (WIB)

Selisih waktu GMT dengan WIB adalah +7 jam. Waktu Indonesia Barat memiliki perbedaan waktu satu jam dengan WITA dan dua jam dari WIT.

Baca Juga: Mengapa Jarum Jam Selalu Berputar ke Arah Kanan? #AkuBacAkuTahu

Contohnya, di Solo pukul 13.00 WIB, di Gorontalo pukul 14.00 WITA, dan di Papua pukul 15.00 WIT.

Adapun daerah yang masuk dalam Waktu Indonesia Barat adalah, Riau, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat Kepulauan Riau, Jambi Sumatera Selatan Lampung, Bangka Belitung, Jakarta, Banten, Bengkulu, Jawa Barat Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.