GridKids.id - Kids, pada artikel ini kita akan mempelajari mengenai iklan.
Materi iklan termasuk salah satu materi pembahasan dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas 5 tema 9.
Nah, kita akan mencari tahu pengertian dan tujuan dari iklan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk, khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Iklan merupakan informasi berupa pesan untuk membujuk seseorang agar membeli barang atau jasa.
Iklan menggunakan kalimat persuasif karena bertujuan membujuk khalayak ramai.
Iklan yang efektif bisa memengaruhi konsumen untuk melihat produk tersebut menjadi lebih unggul dari produk pesaing.
Biasanya sebuah iklan disampaikan melalui media massa, seperti media cetak dan media elektronik.
Contoh media cetak yang digunakan untuk iklan ialah majalah, poster, koran, dan sebagainya.
Baca Juga: 4 Contoh Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Jawaban Materi Kelas 5 SD Tema 9
Sementara iklan media elektronik bisa ditemui pada televisi atau radio.
Ada beberapa media iklan komersial, seperti email, banner pada mesin pencari, dan YouTube.
Yuk, kita cari tahu bersama-sama apa saja tujuan dari iklan!
Tujuan Iklan dan Penjelasannya
1. Membujuk
Iklan bisa membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen mengenai sebuah produk.
Selain itu juga membujuk konsumen agar mencoba barang atau jasa yang diiklankan sehingga mengajak konsumen untuk membelinya.
2. Mengingatkan
Iklan melindungi agar merek perusahaan mudah diingat para konsumen dan meningkatkan minat konsumen pada merek yang sudah ada.
Baca Juga: 4 Jenis Iklan Televisi dan Penjelasannya, Jawaban Materi Kelas 5 SD Tema 9
3. Memberi Informasi
Periklanan bisa memberitahukan pasar tentang suatu produk baru serta perubahan harga, menjelaskan kegunaan suatu produk, dan menjelasakan cara kerja.
Iklan juga bertujuan membangun citra perusahaan.
4. Mendampingi
Tujuan dari iklan ialah mendampingi yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran.
Sehingga perusahaan bisa lebih cepat mencapai target yang diinginkan.
5. Menambah Nilai
Iklan memberi nilai tambah berupa penyempurnaan kualitas, mengubah persepsi konsumen, dan inovasi.
Perikalanan yang efektif bisa mengubah persepsi dari konsumen.
Nah, itulah informasi mengenai pengertian dan tujuan dari iklan, materi kelas 5 tema 9.
Pertanyaan: Apa pengertian dari iklan? |
Petunjuk: Cek di halaman 1. |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.