GridKids.id - Apa saja ciri-ciri bahasa iklan?
Pada artikel sebelumnya, kita telah mempelajari mengenai karakteristik iklan.
Berdasarkan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 terdapat materi mengenai ciri-ciri bahasa iklan.
Nah, di sini kita akan mempelajari apa saja ciri-ciri bahasa iklan.
Menurut KBBI, iklan merupakan pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual.
Biasanya iklan dipasang di dalam media cetak atau media elektronik.
Di media cetak contohnya iklan yang kolom dan baris di koran, spanduk, dan selebaran.
Sementara di media elektronik contohnya iklan yang bermunculan di internet, radio, dan televisi.
Kamu bisa menemukan informasi berkaitan dengan barang atau benda yang diiklankan dalam teks iklan, Kids.
Baca Juga: Mencari Jawaban Berdasarkan Iklan Mesin Cuci Merek 'Resik', Materi Kelas 5 SD Tema 9
Yuk, kita cari tahu bersama-sama apa saja ciri-ciri bahasa iklan yang sering digunakan, ya!
Ciri-Ciri Bahasa Iklan
Berikut ini merupakan ciri-ciri bahasa iklan yang sering digunakan, antara lain:
1. Menggunakan kata konotasi positif
2. Bahasa yang digunakan bersifat sugestif
3. Menggunakan bahasa yang sopan, singkat, dan jelas
4. Isi iklan bersifat jujur dan objektif
5. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
6. Menggunakan bahasa yang menarik dan memikat
Baca Juga: Apa Saja Unsur-Unsur Iklan Elektronik? Materi Kelas 5 SD Tema 9
Selain ciri-ciri, iklan juga mengandung beberapa unsur, seperti:
1. Terdapat nama barang
2. Harga barang yang ditawarkan
3. Gambar barang atau jasa yang ditawarkan
4. Kalimat di dalam iklan
5. Keunggulan barang atau jasa yang ditawarkan
6. Alamat pemasangan iklan
7. Nomor telepon
Nah, itulah informasi mengenai ciri-ciri bahasa iklan yang sering digunakan, materi kelas 5 SD tema 9.
Pertanyaan: Sebutkan ciri-ciri bahasa iklan! |
Petunjuk: Cek di halaman 2. |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.