Find Us On Social Media :

Bendera Merah Putih Terancam Tak Bisa Berkibar Lagi di Ajang Olahraga Internasional

Bendera merah putih terancam tak bisa berkibar pada ajang olahraga internasional.

GridKids.id - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Pak Raja Sapta Oktohari menyebut bendera Merah Putih terancam tak bisa dikibarkan pada ajang olahraga internasional, Kids.

Ini karena, Indonesia Anti-Doping Organization atau IADO memperoleh laporan tindakan korektif dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA)

Pada intinya, IADO yang sebelumnya bernama LADI masih diawasi karena aturan yang diterapkan tak sesuai dengan WADA Code 2021. 

Dengan hal tersebut, Pak Okto memberi teguran kepada IADO dan meminta segera menyelesaikannya dengan tenggat waktu 23 Juni 2022.

"Saat ini, Merah Putih terancam tak bisa berkibar lagi. Jika masalah ini tak bisa diselesaikan sebelum 23 Juni, Indonesia terancam sanksi dan enggak bisa mengibarkan bendera Merah Putih lagi," Kata Pak Okto, dikutip dari Kompas.TV.

Pak Okto juga meminta IADO untuk lebih intensif berkomunikasi dengan sejumlah pihak terkait agar situasi tersebut bisa teratasi, Kids.

Sebelumnya, Indonesia sempat memperoleh sanksi dari WADA sehingga tak bisa mengibarkan bendera merah putih pada ajang olahraga internasional.

Hal tersebut karena Indonesia tak patuh dengan penerapan program pengujian yang efektif.

Indonesia dipandang tak sejalan dengan WADA khususnya dari segi deteksi.

Baca Juga: WADA Cabut Sanksi Indonesia, Bendera Merah Putih Bisa Berkibar Kembali

Deteksi yang diterapkan WADA merupakan sistem pengujian dan investigasi untuk atlet.

Pada intinya, deteksi tak hanya membuat efek jera saja, tetapi bisa melindungi atlet dari doping.

Selain itu, deteksi juga memiliki tujuan menjaga semangat sportivitas olahraga dengan memberikan sanksi bagi pelanggaran aturan anti-doping.

Sanksi yang diterima Indonesia tahun lalu bukan hanya tak bisa mengibarkan bendera merah putih saja. 

Ini karena, Indonesia juga mendapat sanksi tak boleh menjadi tuan rumah ajang olahraga tingkat regional, kontinental, atau dunia.

Meski begitu atlet Indonesia masih bisa tampil pada kejuaraan tingkat regional, kontinental, dan dunia.

Selain itu, ketika tim Thomas Indonesia berhasil meraih juara tetapi bendera merah putih tak bisa dikibarkan dan digantikan dengan bendera federasi.

Namun, sanksi tersebut dicabut oleh WADA pada 2 Februari 2022 sehingga atlet Indonesia bisa mengibarkan bendera merah putih.

Meski begitu, Indonesia terancam sanksi lagi jika tak segera menyelesaikan tuntutan dari WADA.

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.