Find Us On Social Media :

Turunkan Tekanan Darah Hingga Cegah Batu Ginjal Hanya Bermodalkan Buah Merah Ini

Buah semangka kaya kandungan air yang baik untuk menghindari dehidrasi.

GridKids.id - Kids, apakah kamu salah satu penggemar buah semangka?

Buah yang kaya kandungan air ini biasanya banyak dicari orang ketika musim kemarau. 

Buah yang punya nama latin Citrullus lanatus berasal dari Afrika Selatan tapi bisa ditemukan hampir di seluruh dunia

Dalam daging buahnya terkandung juga biji buah semangka dalam jumlah yang banyak, nih, Kids.Semangka juga merupakan buah yang mengandung rendah kalori yaitu sekitar 46 kalori saja. Kalori dalam semangka lebih rendah dibanding dengan beberapa buah rendah gula lainnya.Kaya akan vitamin C, A, B, magnesium dan mineral kalium, berikut sederet manfaat buah semangka yang tak terduga, di antaranya:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Buah semangka ternyata bisa menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin.Apalagi di bagian putih dekat kulitnya mengandung kandungan L-citrulline yang dapat meningkatkan fungsi arteri dan membuat pembuluh darah jadi rileks. Nah, hal inilah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Jangan Kaget, Ini 7 Efek yang Dirasakan Tubuh Setelah Minum Air Rebusan Biji Semangka

 2. Menghidrasi Tubuh

Dalam satu buah semangka mengandung 92% kandungan air dan elektrolit yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengandung banyak air, semangka bermanfaat untuk menghidrasi tubuh kita.Hidrasi tubuh sangat penting untuk melancarkan peredaran darah, menunjang metabolisme tubuh hingga menjaga fungsi organ vital.

3. Melancarkan Pencernaan

Walau buah semangka enggak tinggi serat, namun buah merah ini cukup membantu melancarkan pencernaan.

Mengandung banyak cairan dan prebiotik yang bantu mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Selain itu, prebiotik juga dapat berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan anti peradagangan.

4. Menjaga Kesehatan Rambut dan KulitSemangka yang menganding vitamin A dan C ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan rambut. Vitamin C membantu memproduksi kolagen pada kulit sehingga menjadi kenyal dan rambut jadi kuat.Vitamin A juga dapat memperbaiki sel pada kulit yang kering dan bersisik.

Baca Juga: Stop Mulai Sekarang, Mengonsumsi Semangka Sebelum Tidur Dapat Berikan 5 Efek Ini untuk Tubuh

Selain itu, kandungan antioksidan likopen dan beta-karoten di dalamnya juga berguna untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki kandungan likopen, semangka dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan pembengkakan di area mata. Nah, antioksidan ini juga bisa mencegah degenerasi makula seiring bertambahnya usia.6. Mengatasi Nyeri Otot

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi jus semangka bisa membantu mencegah nyeri otot setelah berolahraga?

Dilansir dari hellosehat.com, sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry membuktikan bahwa meminum jus semangka bisa membantu menenangkan otot setelah berolahraga.

Selain itu, kandungan citrulline pada jus semangka bisa membantu menenangkan dan menstabilkan denyut jantung yang enggak normal.

7. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Buah semangka kaya kandungan kalium yang bisa membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal.

Baca Juga: Bagaimana Proses Daur Hidup Tanaman Semangka? Begini Penjelasannya

Selain itu, kalium juga bisa mengurangi asam urat dalam darah sehingga bisa mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

Setelah makan buah semangka biasanya seseorang jadi banyak buang air kecil, efek ini ternyata bisa membantu membersihkan ginjal dari racun yang bisa membahayakan tubuh.

Itulah tujuh manfaat kesehatan buah semangka untuk kesehatan tubuh orang yang mengonsumsi.

Karena kaya kandungan air, mengonsumsi semangka selama menjalani ibadah puasa bisa menjadi salah satu cara menjaga tubuh dari dehidrasi, nih, Kids. 

 

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.