Find Us On Social Media :

Mengenal Sosok Raden Ajeng Kartini, Pahlawan Emansipasi Perempuan Indonesia

21 April tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kartini, tokoh priyayi yang berjasa mewujudkan akses pendidikan bagi kaum perempuan Indonesia.

GridKids.id - Selamat tanggal 21 April, Kids! Siapa yang tahu peringatan apa yang dirayakan setiap tahunnya pada tanggal ini? Yap, Hari Kartini!

Kalian pasti enggak asing dengan sosok ibu Kartini yang dikenal sebagai pahlawan emansipasi perempuan dan juga tokoh yang berjasa mengangkat derajat kaumnya lewat kesetaraan pendidikan.

Biasanya hari Kartini dirayakan dengan pawai atau festival di mana anak-anak menggunakan berbagai busana khas daerah yang penuh filosofi dan nilai-nilai kearifan.

Peringatan Hari Kartini sudah dilakukan sejak masa pemerintahan Presiden pertama RI yaitu Presiden Soekarno.

Tepatnya sejak penetapan Keputusan Presiden RI Nomor 108 tahun 1964 yang disahkan pada 2 Mei 1964.

Keputusan Presiden itu menetapkan Ibu Kartini sebagai Pahlawan Nasional dan juga menetapkan hari lahirnya sebagai perayaan hari besar yaitu Hari Kartini yang dirayakan tiap tahunnya hingga hari ini.

Ibu Kartini terkenal dengan surat-suratnya yang berisi pemikiran yang menggugah tentang emansipasi perempuan.

Kumpulan surat-surat yang pernah dikirimkan oleh Ibu Kartini pada teman-temannya di Eropa lalu dibukukan oleh J.H. Abendanon dan diberi judul Habis Gelap Terbitlah Terang (Door Duisternis tot Licht).

Selanjutnya kamu akan diajak mengenal sosok Ibu Kartini lebih dekat lewat biografi singkatnya. Yuk, simak uraian lebih lanjutnya di bawah ini!

Baca Juga: Lirik dan Makna Lagu Ibu Kita Kartini Ciptaan W.R. Supratman

Mengenal Ibu Kartini

Ibu Kartini adalah putri seorang Bupati Jepara, yaitu Raden Mas Sosroningrat.