Find Us On Social Media :

8 Manfaat Konsumsi Buah Sirsak, dari Jaga Imunitas hingga Usir Stres

Buah sirsak banyak ditemukan tumbuh di kawasan tropis, seperti di Indonesia.

GridKids.id - Indonesia sebagai negara tropis memiliki kekayaan varian buah yang melimpah, salah satunya yang unik adalah buah sirsak.

Buah yang punya nama latin Annona muricata ini memang banyak ditemukan di wilayah-wilayah yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Biasanya buah ini dibuat menjadi sajian jus, puding, hingga campuran es buah segar.

Daging buahnya bisa dikonsumsi, sedangkan bagian tumbuhan sirsak lain seperti akar dan daunnya bisa dimanfaatkan sebagai obat atau ramuan tradisional. Di balik kelezatan buahnya, ternyata sirsak memiliki segudang khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita, lo. Bahkan, sirsak juga dapat mengatasi berbagai masalah penyakit mulai dari kanker hingga tekanan darah.Apa saja khasiat lainnya dari buah sirsak? Yuk, kita simak uraian lengkapnya di bawah ini.

1. Menghilangkan Stres

Selain jus, buah sirsak juga dapat diolah menjadi teh yang dapat menghilangkan insomnia dan stres.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan, sirsak ternyata memiliki sifat antiradang yang dapat menenangkan orang yang kesulitan tidur.

Sehingga jika meminum teh sirsak dengan rutin akan membantu mengatasi insomnia dan stres.

Baca Juga: 8 Manfaat Sarapan, dari Tingkatkan Konsentrasi sampai Turunkan Stres

2. Cegah Kanker

Penelitian yang dilakukan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine, menunjukkan bahwa sirsak mengandung turunan asam lemak Annonaceous acetogenins.Senyawa tersebut selalu dikaitkan dapat mencegah kanker dan pengurangan kanker. Kandungan sirsak juga bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan kanker.

3. Menurunkan Tekanan DarahSirsak juga dapat menurunkan tekanan darah dan sering dijadikan sebagai obat tradisional.Suplemen yang terbuat dari daun, ekstrak dan biji sirsak dapat membantu mengurangi penurunan kadar LDL dalam tubuh.

LDL atau Low-Density Lipoprotein adalah kolesterol jahat yang dapat memicu berbagai penyakit.

4. Bantu Redakan Nyeri

Khasiat lainnya dalam buah sirsak yaitu dapat membantu meredakan nyeri sendi seperti arthritis.

Baca Juga: 6 Tanda Tubuh Kekurangan Garam, dari Hiponatremia hingga Nyeri Kepala

Mengoleskan daun sirsak ke area yang terasa nyeri dapat mempercepat proses penyembuhannya.Daun sirsak juga memiliki sifat antiradang yang dapat digunakan sebagainobat oles pada bagian yang nyeri.

5. AntibakteriBerdasarkan dari sebuah jurnal, sirsak ternyata telah lama dijadikan sebagai obat tradisional di Amerika Latin dan Amerika Selatan.Sirsak juga memiliki sifat antiparasit dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari infeksi parasit.

6. Menyehatkan sistem pencernaan

Sirsak memiliki efek pada stimulasi hormon diuretik dan asupan vitamin C yang bisa membantu menguatkan daya tahan atau sistem kekebalan tubuh.

Di dalam buah ini terdapat kandungan alkaloid dan kuin antiradang yang bisa membantu mengurangi parasit dalam usus.

Dalam 100 gram buah sirsak mengandung 20 miligram vitamin C bisa menjadi salah satu pengobatan alami untuk mengobati disentri.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Strawberry, Asupan Sehat untuk Pencernaan dan Imunitas Tubuh

7. Menyehatkan Kulit

Dilansir dari hellosehat.com, terdapat penelitian yang termuat dalam International Journal of Pure & Applied Bioscience, biji buah sirsak bisa digunakan sebagai penyegar untuk kulit.

Penelitian ini dilakukan dengan menghancurkan biji dan buah sirsak untuk menenangkan tekstur kulit. Sirsak juga bisa membantu mengurangi garis-garis kerutan dan mengurangi gejala penuaan kulit.

Kandungan antioksidan pada sirsak juga bisa mendukung peremajaan kulit dan bisa membantu melindungi kulit dari infeksi bakteri.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan dalam buah sirsak bisa membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, konsumsi sirsak juga bisa mengurangi risiko terpapar penyakit kronis seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) hingga diabetes melitus.

Kandungan nutrisi dalam buah sirsak bisa mendukung daya tahan tubuh tetap kuat selama menghadapi musim pandemi dan bulan puasa seperti saat ini.

Untuk mendapatkan beragam manfaat kesehatan sirsak, kamu bisa mengonsumsi buahnya secara langsung atau bisa juga dengan merebus daunnya dan meminumnya selagi hangat.