Find Us On Social Media :

Menemukan Kosakata Baru dalam Teks 'Waktu dan Kecepatan Rotasi Bumi', Kelas 6 SD

Menemukan kosakata baru dalam teks nonfiksi 'Waktu dan Kecepatan Rotasi Bumi', materi kelas 6 SD.

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini, kamu akan belajar tentang perbedaan waktu dan pengaruhnya, tepatnya pada tema 8.

Isi materinya adalah informasi penting berdasarkan judul teks nonfiksi dan membandingkannya pada teks nonfiksi sebelum dan setelah membaca isi teks.

Namun sebelum kamu mengerjakan soalnya, kamu harus menyimak isi materinya terlebih dahulu.

Saat kamu membaca teks nonfiksi, kamu pasti akan membaca judulnya lebih dulu lalu memperkirakan apa saja informasi penting yang kamu dapatkan.

Di dalam judul biasa juga terdapat beberapa kata kunci yang bisa menjadi sebuah gambaran dalam isi teks tersebut.

Setelah membaca isi teksnya, kamu dapat langsung membandingkannya, apakah informasi di dalamnya sudah sesuai dengan perkiraan sebelum membaca isi teks keseluruhan.

Maka dari itu, agar kamu lebih memahaminya lagi, simaklah secara saksama isi teks nonfiksi berikut ini!

Waktu dan Kecepatan Rotasi Bumi 

Kita sudah mengetahui bahwa Bumi melakukan pergerakan. Salah satu pergerakan yang dilakukan Bumi adalah rotasi. Rotasi Bumi adalah gerak perputaran Bumi pada porosnya. Kutub utara dan kutub selatan merupakan ujung dari poros rotasi Bumi.  

Baca Juga: Mengenal Tangga Nada Pentatonis serta Alat Musiknya, Kelas 6 SD Tema 8

Selain itu, terdapat suatu garis khayal yang letaknya saling tegak lurus dengan poros Bumi. Garis tersebut dinamakan sebagai ekuator atau garis khatulistiwa.

Bumi memerlukan waktu selama 23 jam 56 menit untuk sekali berotasi penuh. Durasi waktu tersebut dikenal sebagai periode sideris rotasi Bumi.