Find Us On Social Media :

Mengapa Kurma Baik Dikonsumsi saat Berpuasa? Ketahui 5 Alasannya

Ada beberapa alasan mengapa kurma menjadi buah yang wajib dikonsumsi saat bulan Ramadan.

GridKids.id - Bulan Ramadan selalu identik dengan buah kurma yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

Yap, buah manis yang satu ini memang memiliki rasa yang manis dan juga punya tekstur yang berciri khas. Tahukah kamu, bahwa kurma berasal dari Timur Tengah dan tumbuh di negara tropis. Ada terdapat banyak sekali jenis kurma mulai dari kurma Safawi yang hingga kurma Khudris.

Kurma kaya akan nutrisi yang dapat menyuplai energi selama tubuh berpuasa. Memiliki kandungan gula yang terbilang aman, kurma enggak akan membuat kadar gula darah melonjak. Enggak hanya enak, sejumlah nutrisi yang terkandung dalam kurma sangat baik dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kurma menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi selama berpuasa. Baca Juga: Jaga Kesehatan Jantung dan Cegah Sembelit, Ternyata Cukup Minum Susu Ini Saja

1. Baik untuk jantung

Kurma merupakan sumber potasium yang baik dan mengandung mineral penting untuk menjaga keseimbangan cairan hingga elektrolit dalam tubuh.

Kandungan di dalamnya dapat memengaruhi kesehatan saraf serta denyut nadi dan tekanan darah.

Diet kaya potasium dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung dan kurangi risiko stroke. 2. Sumber energi Kurma adalah sumber energi, serat dan gula yang sehat jika enggak dikonsumsi secara berlebihan. Kurma mengandung vitamin A, B, C, potadium, magnesium, send dan selanium. Nutrisi ini membantu tubuh agar dapat mempertahankan energi lebih lama setelah berpuasa. 3. Membuat kenyang lebih lama Kurma merupakan buah yang kaya akan serat sehingga mampu menarik air, meningkatkan fluiditas isi perut yang membuat kita jadi merasa kenyang lebih lama.Baca Juga: Terbukti Secara Ilmiah, Inilah 5 Waktu Terbaik untuk Mengonsumsi Kurma, Sudah Tahu?

Saat dikonsumsi sahur, kurma ampuh mencegah tubuh lemas saat berpuasa seharian. 4. Menstabilkan gula darah Setelah berpuasa seharian, mengonsumsi kurma merupakan cara yang tepat untuk mengembalikan kadar gula darah ke tingkat normal dengan cara yang sehat. 5. Memperlancar pencernaan Selama berpuasa, sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi serat agar dapat mencegah dari gangguan pencernaan. Kurma merupakan buah yang tinggi serat dan jika rutin dikonsumsi, dapat mencegah gangguan pencernaan yang muncul karena kekurangan serat. Nah, itu dia beberapa alasan mengapa kurma menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi selama berpuasa yang baik untuk kesehatan.

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.