Find Us On Social Media :

Bagaimana Menggunakan Sosial Media yang Sehat untuk Anak-Anak?

Pengawasan orang tua ketika anak mengakses sosial media dan berbagai akses platform dunia maya sangat penting.

GridKids.id - Setelah sebelumnya membahas seberapa aman penggunaan sosial media untuk anak-anak, kali ini kita melanjutkan dengan pembahasan yang masih terkait, nih, Kids.

Jika penggunaan sosial media dianggap membawa risiko bagi anak-anak, lalu apakah benar sosial media enggak memiliki dampak positifnya sama sekali?

Menurut Kak Fathin Nur Wahidah, M.Psi, Dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, penggunaan sosial media tetap memiliki manfaatnya tersendiri, nih, Kids.

Jika dipergunakan sebagai media komunikasi yang efektif dan efisien tentunya sosial media bisa membantu mengatasi kendala komunikasi yang terpisah jarak maupun waktu, nih.

Selain itu, sosial media juga bisa menjadi sarana penyedia berbagai konten atau materi edukasi yang berguna untuk anak-anak supaya bisa mengembangkan minat dan kreativitasnya.

Menurut Kak Fathin pada dasarnya penggunaan sosial media dalam bentuk akun personal bagi anak-anak sebenarnya belum terlalu mendesak.

Hal ini berkaitan dengan kebutuhan atau penggunaan sosial media sebagai salah satu cara untuk mencari konten-konten kreatif yang menghibur.

Jika penggunaan sosial media tanpa pantauan orang tua, bisa saja anak jadi  terpaku dan menghabiskan waktu begitu lama hanya berkutat dengan sosial medianya.

Hal ini tentunya bisa membawa dampak negatif, misalnya mendorong seorang anak jadi mengalami fenomena FOMO (Fear of Missing Out) yang membuat  anak-anak jadi terlalu terpaku dan sulit lepas dari sosial medianya.

Baca Juga: Takut Ketinggalan Informasi dan Tren Terbaru, Apa Itu FOMO? #AkuBacaAkuTahu

Sosial Media Sebagai Sarana Edukasi dan Pengembangan Diri