Find Us On Social Media :

Sejarah Hari Puisi Sedunia, Diperingati Tiap 21 Maret Setiap Tahunnya

Ilustrasi Peringatan Hari Puisi Sedunia.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa hari ini, tepatnya 21 Maret 2022 diperingati sebagai Hari Puisi Sedunia?

Tahun ini merupakan tahun ke-23 perayaan ini dilangsungkan pada 21 Maret 1999 ketika Konferensi Umum ke-30 di Paris.

Pada momentum itulah penetapan hari puisi sedunia ditetapkan sebagai bentuk dukungan terhadap puisi sebagai wujud keragaman bahasa.

Peringatan ini merupakan bentuk penghormatan untuk para penyair dan sebagai upaya untuk mendukung dan mendorong tradisi lisan yang ada di dunia.

Perayaan hari puisi sedunia juga mendukung terjadinya penyatuan puisi dalam berbagai bentuk seni, seperti musik, tari, drama, lukisan, dan lain sebagainya.

UNESCO (The United Nations Educational, Scientific, and Cultural, Organization) sudah mengakui bahwa puisi adalah bentuk ekspresi dan identitas budaya global.

Puisi merupakan bentuk karya seni yang bisa mengabadikan bahasa dan momentum yang berkaitan dengan berbagai keberagaman aspek kehidupan yang bisa dituangkan secara kreatif oleh manusia.

Dalam laman resmi UNESCO, Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay, memberikan sambutan dan pesan tentang menyatakan bahwa puisi merupakan refleksi dari pengalaman manusia yang bersifat universal dan melampaui berbagai batasan dan perbedaan.

Selanjutnya akan dijelaskan lebih lanjut tentang fakta dari peringatan hari puisi sedunia yang diperingati setiap 21 Maret ini. Apa saja faktanya?

Baca Juga: Pengertian Puisi: Unsur dan Jenisnya, Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

Fakta Peringatan Hari Puisi Sedunia