Find Us On Social Media :

Faktor Pendorong Terjadinya Dinamika Populasi Hewan, IPA Kelas 7 SMP

Dinamika populasi hewan dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorongnya, salah satunya bencana alam.

GridKids.id - Tiap spesies yang hidup di bumi punya habitat hidupnya masing-masing.

Namun, dalam satu habitat bisa terdapat berbagai spesies yang hidup di dalamnya.

Perubahan dan pertumbuhan spesies hewan yang terjadi dalam sebuah habitat dikenal dengan istilah dinamika populasi hewan.

Dinamika populasi adalah naik dan turunnya jumlah spesies yang terjadi pada suatu habitat karena berbagai hal mulai dari persaingan antar spesies, pemangsaan, hingga perubahan kondisi alam yang berubah.

Keberadaan spesies dalam satu habitat membentuk rantai makanan yang bisa menunjang kehidupan tiap spesies yang terlibat di dalamnya.

Keberadaan rantai makanan selalu berhubungan dengan seleksi alam bagi hewan-hewan yang berada pada lapisan paling bawah rantai makanan dengan hewan yang berada di bagian paling atas rantai makanan.

Inilah kenapa selalu ada hewan yang dimangsa dalam satu habitat, selain itu keberadaan hewan yang bertahan dalam satu habitat mendorong terjadinya perubahan atau perkembangan suatu spesies hewan.

Tak hanya mati karena jadi mangsa para predator, hewan-hewan dalam sebuah habitat juga bisa mati karena kalah dalam perebutan wilayah atau biasa disebut dengan istilah kompetisi.

Selanjutnya kamu akan diajak belajar lebih lanjut tentang penyebab terjadinya dinamika populasi pada hewan, di antaranya:

Baca Juga: Jawaban Penyebab Terjadinya Perubahan dalam Ekosistem, Kelas 5 SD Tema 5

1. Interaksi Predasi

Interaksi predasi adalah interaksi yang terjadi antara hewan predator atau hewan pemangsa dengan prey atau hewan yang dimangsa.