Find Us On Social Media :

5 Ciri-Ciri Kucing Peliharaan Kutuan, Salah Satunya Bulu Rontok

Kucing akan terus menggaruk tubuhnya jika ada kutu yang menggigit dan menghisap darahnya.

GridKids.id - Kids, bagi kamu yang punya kucing peliharaan di rumah pasti rasanya senang karena bisa menghabiskan waktu santaimu dengan mereka.

Namun, salah satu hal yang cukup mengganggu ketika kurang rajin memperhatikan kebersihan kucing adalah risiko kucing menjadi kutuan, nih.

Dilansir dari kompas.com, kutu pada kucing biasanya enggak terlihat karena geraknya yang sangat cepat berpindah di antara helai bulu kucing.

Jenis kutu yang sering menyerang hewan peliharaan di rumah adalah jenis Ctenocephalides felis.

Kutu-kutu ini akan menghisap darah kucing sehingga kucing akan merasa gatal-gatal dan terus menggaruk bulunya.

Jika kutuan kucing sudah sangat parah bahkan bisa menyebabkan bulu-bulu kucingmu yang terawat jadi bisa mengalami kerontokan, lo.

Ketika kucingmu terlihat terus menggaruk tubuhnya kamu bisa mencoba menyisir bulu kucing dengan menggunakan sisir serit untuk menemukan apakah ada titik-titik hitam kecil yaitu kotoran kutu.

Jika kamu menemukan titik-titik hitam kecil itu cobalah hancurkan dengan tisu basah nantinya titik itu akan berubah warna jadi merah atau cokelat.

Itu merupakan bentuk residu dari darah kucing dan menjadi tanda bahwa perawatan untuk memberantas kutu pada kucingmu perlu dilakukan.

Baca Juga: Pemilik Harus Tahu, Ini 2 Jenis Kutu Kucing yang Paling Umum Dialami

Ciri-Ciri Kucing yang Kutuan