Find Us On Social Media :

Organ-Organ Sistem Saraf Manusia dan Fungsinya, Biologi Kelas 9 SMP

Bagan sistem saraf dalam tubuh manusia.

GridKids.id - Kids, ketika kamu menyentuh sesuatu yang panas biasanya kamu akan merasa kaget dan otomatis menjauhkan dirimu dari sumber panas itu, kan?

Atau misalnya ketika kamu bersalaman dengan orang lain kamu mungkin merasakan hantaran impuls karena kulitmu bersentuhan dengan orang lain.

Respons itu ternyata berkaitan dengan sistem saraf dalam tubuhmu yang merupakan sistem koordinasi yang mengatur aktivitas tubuh lewat impuls listrik secara cepat.

Adanya sistem saraf memungkinkan seseorang untuk melakukan banyak hal, seperti bicara, berjalan, bernapas, menelan makanan, dan melakukan berbagai aktivitas mental seperti belajar, mengingat, dan berpikir.

Sistem ini juga mengendalikan seperti apa reaksi tubuh ketika berada dalam situasi yang darurat.

Sistem saraf pada manusia terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, organ-organ sensorik, dan semua saraf yang menghubungkannya.

Sistem ini akan bekerja untuk mengambil informasi lewat bagian tubuh atau indera tertentu, memprosesnya, dan memicu reaksi, menggerakkan otot, merasakan sakit, atau bernapas.

Sistem saraf terbagi jadi dua struktur, yaitu sistem saraf pusat yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang dan sistem saraf tepi yang menghubungkan saraf pusat ke seluruh tubuh.

Nah, kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang bagian-bagian dari sistem saraf pusat manusia, di antaranya:

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Inilah Hal-Hal yang Berdampak Baik bagi Perkembangan Otot Tubuh

1. Otak