Find Us On Social Media :

Organ Sistem Pernapasan Bawah Pada Tubuh Manusia, Biologi Kelas 8 SMP

Manusia bernapas menggunakan paru-paru yang merupakan bagian dari sistem pernapasan dalam tubuh.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah belajar tentang berbagai organ pada sistem pernapasan atas dalam tubuh manusia beserta fungsinya masing-masing.

Nah, kali ini kamu akan diajak belajar tentang organ-organ yang termasuk dalam sistem pernapasan bawah yang mendukung proses pernapasan dalam tubuh manusia.

Proses pernapasan dimulai ketika udara masuk lewat hidung dan diteruskan ke tenggorokan, udara itu akan turun melalui laring dan masuk dalam trakea.

Ketika manusia menarik napasnya, diafragma dan otot-otot antara tulang rusuknya akan menyusut lalu terbentuk ruang kosong dalam rongga dadanya, dengan begitu paru-paru bisa menarik udara yang kamu hirup.

Yuk, langsung ikuti penjelasan lengkap organ-organ sistem pernapasa bawah beserta fungsinya dalam uraian di bawah ini, Kids.

Organ Sistem Pernapasan Bawah

1. Laring

Laring adalah ruang pita suara, yang terletak di bawah persimpangan saluran faring yang membelah jadi trakea dan kerongkongan.

Laring terdiri dari dua pita suara yang akan terbuka ketika kita bernapas dan akan menutup untuk memproduksi suara.

Baca Juga: Jangan Sampai Sakit Dahulu, Ini Sederet Cara untuk Menjaga Paru-Paru agar Tetap Sehat

Ketika kita bernapas, udara akan mengaliri dua pita suara yang berimpitan sehingga menghasilkan getaran yang nantinya akan menghasilkan suara ketika kita bicara.