Find Us On Social Media :

Mencari Jawaban 'Isi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009', Kelas 6 SD Tema 8

Mencari Jawaban 'Isi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009', Kelas 6 SD Tema 8

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 kali ini kita akan bahas tentang Undang-Undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Setelah membaca isi materinya, kamu diminta untuk mengerjakan soal dan mencari kunci jawabannya. Di dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 terdapat undang-undang yang mengatur tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. UU No 32 Tahun 2009 terdiri dari 17 bab dan 127 pasal, Kids. Tujuan dibentuknya undang-undang ini adalah untuk melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup. Enggak hanya itu saja, undang-undang ini juga akan menjamin keselamatan, kesehatan dan kehidupan manusia. Undang-undang ini disusun dan diberlakukan untuk menjamin keberlangsungan makhluk hidup dan kelestarian ekosistem serta mengantisipasi adanya isu lingkungan global. Seperti yang kita tahu bahwa belakangan ini pemanasan global mengakibatkan perubahan iklim dan juga jadi persoalan penting di seluruh dunia. Perubahan iklim ini akan mengakibatkan buruknya kualitas lingkungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Baca Juga: Mencari Jawaban 'Apa yang Terjadi Jika Ada Benda Langit yang Bergerak Tak Mengikuti Aturan?' Kelas 6 SD

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 ini telah disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 3 Oktober 2009.

Ada pun hal-hal yang diatur dalam UU No 32 tahun 2009, yaitu:

1. Pemanfaatan dan pencadangan sumber daya alam. 2. Pemeliharaan dan perlindungan kualitas atau fungsi lingkungan hidup. 3. Pengendalian pemantauan, pendayagunaan dan pelestarian sumber daya alam.

4. Adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim. UU No 32 tahun 2009 mengatur tentang hak, kewajiban dan larangan terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Dalam kewajiban, UU No 32 tahun 2009 menyebut bahwa setiap orang berkewajiban untuk memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup atau kerusakan lingkungan hidup. Pasal 69 mengatur berbagai larangan, yaitu:

Baca Juga: Mencari Jawaban pada Puisi Berjudul 'Keindahan Alam', Kelas 6 SD Tema 9

1. Melakukan perbuatan yang mengakibatkan pencemaran dan perusakan lingkungan hidup. 2. Memasukkan limbah yang berasal dari luar wilayah NKRI ke dalam NKRI 3. Membuang B3 dan limbah B3 ke media lingkungan hidup. 4. Melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

5. Memberi informasi palsu, menyesatkan, menghilangkan informan, merusak informais dan memberi keterangan yang enggak benar. Contoh Soal 1. Sebutkan apa saja isi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009! Jawab: Ada pun hal-hal yang diatur dalam UU No 32 tahun 2009, yaitu:Baca Juga: Akor: Pengertian, Fungsi dan Rumusnya, Materi Kelas 6 SD Tema 9

1. Pemanfaatan dan pencadangan sumber daya alam.

2. Pemeliharaan dan perlindungan kualitas atau fungsi lingkungan hidup. 3. Pengendalian pemantauan, pendayagunaan dan pelestarian sumber daya alam. 4. Adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 yaitu isi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.