Find Us On Social Media :

Riset Pasar: Pengertian, Manfaat, dan Tujuan serta Penjelasannya

Riset pasar merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk meneliti atau mengkaji pasar.

GridKids.id - Apa yang kamu ketahui mengenai riset pasar, Kids?

Nah, pada artikel ini kita akan mempelajari mengenai riset pasar, yaitu manfaat dan tujuannya.

Adanya riset pasar bisa mengetahui siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Riset pasar merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk meneliti atau mengkaji pasar.

Dalam hal ini juga mengkaji perilaku konsumen, lo.

Sama halnya dengan penelitian, riset pasar diawali dengan perencanaan masalah.

Setelah itu dilanjutkan dengan tujuan penelitian dan mengumpulkan informasi, data, dan interpretasi hasil penelitian.

Riset pasr juga membantu mengetahui seberapa besar permintaan dan potensi permintaan dari konsumen.

Apa saja manfaat dan tujuan riset pasar?

Baca Juga: Jenis-Jenis Pasar yang Ada di Indonesia, Sesuai Kegiatan dan Kebutuhan

Untuk mengetahuinya, simak informasi di bawah ini, ya.

Manfaat Riset Pasar

Berikut ini merupakan manfaat dari riset pasar, antara lain:

1. Membantu dalam merencanakan bisnis ke depan agar lebih baik.

2. Mampu mengidentifikasi potensi masalah yang ada di pasar jika membangun bisnis di dalamnya.

3. Mengukur seberapa besar pengaruh usaha kita di pasar.

4. Informasi yang didapatkan dari riset pasar membantu meminimalkan risiko pada bisnis.

5. Membantu menentukan posisi usaha atau bisnis yang dijalankan.

Tujuan Riset Pasar

Baca Juga: Mengenal Pembagian 5 Jenis Pasar Berdasar Motif Pembeliannya

Di bawah ini merupakan tujuan riset pasar, yaitu:

1. Menetapkan Sasaran yang Realistis

Salah satu tujuan riset pasar adalah menetapkan sasaran yang realistis.

Hal ini diartikan sebagai target pasar yang ditetapkan sesuai dengan produk yang dipasarkan, Kids.

2. Meningkatkan Teknik Pemasaran

Riset pasar yang telah dilakukan bisa meningkatkan teknik pemasaran.

Hasil dari riset pasar bisa dijadikan bahan pertimbangan dan penentuan strategi pemasaran, lo.

3. Mengidentifikasi Permasalahan di Lapangan

Mengidentifikasi permasalahan di lapangan merupakan salah satu tujuan riset pasar.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Sistem Ekonomi, Liberal, Sosialis dan Campuran

Perubahan perilaku konsumen bisa diketahui karena adanya riset pasar.

4. Menentukan Perubahan dalam Perilaku Konsumen

Berdasarkan kondisi dan situasi yang dihadapi individu, perilaku konsumen juga bisa berubah.

Nah, dengan adanya riset pasar dapat mengetahui dan menentukan strategi yang sesuai untuk menghadapi perilaku konsumen, Kids.

Itulah informasi mengenai manfaat dan tujuan riset pasar.

Baca Juga: Ekonomi Kelas 9, Jenis Pasar Bebas di Dunia: MEA, Uni Eropa, AFTA, APEC

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.