Find Us On Social Media :

Sering Gugup Bicara di Depan Umum? Ini 4 Metode Public Speaking yang Bisa Dipelajari

Potret seseorang sedang berbicara di depan audiens.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu diminta untuk memperkenalkan diri di depan banyak orang?

Pada kesempatan lain kamu mungkin pernah diminta menceritakan pengalamanmu selama libur sekolah di depan kelas. Hal itu bisa digolongkan sebagai public speaking, lo.

Public speaking merupakan adalah seni berbicara yang bertujuan sebagai persuasi untuk memberikan sebuah informasi atau pengetahuan.

Ketika ingin melakukan public speaking dengan sempurna, seseorang harus menguasai materi agar informasi yang disampaikan pada audiens bisa tersampaikan dengan baik.

Nah, kali ini kamu akan diajak membahas empat metode public speaking yang bisa kamu pelajari dan praktekan jika ada kesempatan, di antaranya:

1. Impromptu (Ad Libitum)

Metode ini dilakukan secara spontan dan tanpa persiapan maupun penulisan naskah terlebih dulu.

Impromptu biasa dilakukan jika seseorang diminta untuk tampil di depan umum secara mendadak

Selain itu impromptu dalam dunia siaran adalah Ad Libitum yaitu bicara tanpa naskah (script), yang bisa menyampaikan gagasan atau ide secara spontan.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Pidato Publik, Bahasa Indonesia Kelas VII SMP

Hal ini bisa menyampaikan perasaan seseorang secara jujur dan bisa memungkinkan seorang pembicara terus berpikir tentang apa yang akan disampaikan selanjutnya.

Namun metode ini punya kelemahan yaitu bisa menyebabkan seseorang mencapai kesimpulan yang masih belum benar-benar valid karena bisa saja pembicara belum memahami secara menyeluruh apa yang disampaikannya.