Find Us On Social Media :

Kelas 6 SD Tema 8: Upaya yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Kerusakan Lingkungan

Upaya yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Kerusakan Lingkungan, Materi Kelas 6 SD Tema 9

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 9.

Kamu akan mempelajari tentang apa saja upaya yang harus dilakukan dalam mencegah kerusakan lingkungan. Seperti biasa, kamu akan membaca materinya terlebih dahulu, setelah itu kerjakan contoh soalnya. Lingkungan menjadi tempat tinggal semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Termasuk manusia, hewan dan tumbuhan yang harus kita jaga kelestariannya. Keberlangsungan dalam menjaga lingkungan sangat penting bagi setiap makhluk hidup. Karena jika kita lalai dan merusaknya, hal inilah yang akan menjadi dampak yang sangat merugikan untuk masa depan. Contohnya seperti menebang pohon secara liar, yang menyebabkan hutan jadi gundul dan tanah enggak bisa menyerap air serta pohon yang enggak bisa menghirup karbondioksida di udara. Enggak sampai situ, penambangan batu bara secara terus-menerus juga dapat berdampak pada tanah yang dikeruk semakin habis dan rusak.

Baca Juga: Kunci Jawaban 'Bagaimana Ekor Komet dapat Terbentuk?', Kelas 6 SD Tema 9

Penggunaan kendaraan bermotor serta pendirian industri yang akan menyebabkan asap pabrik di rumah kaca. Hal inilah yang menyebabkan tingginya emisi gas buang di udara dan akan mengakibatkan polusi udara dan pemanasan suhu di bumi. Hal yang paling sering dilakukan dan ditemui adalah membuang sampah di sembarang tempat yang juga akan berdampak buruk bagi makhluk hidup. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita terus membantu dan melestarikan lingkungan di sekitar kita.

Hindari beberapa hal yang bisa merugikan lingkungan untuk masa depan yang lebih baik. Contoh Soal

1. Sebutkan apa saja upaya yang bisa dilakukan dalam mencegah kerusakan lingkungan? Jawab:

Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan, yaitu:Baca Juga: Materi Kelas 6 SD, Tema 8: Perbedaan Meteoroid, Meteor dan Meteorit

1. Membuang sampah pada tempatnya. 2. Menanam kembali hutan yang gundul atau reboisasi tanah dan tanam kembali pohon.

3. Enggak membuang limbah pabrik di laut agar biota laut tetap terjaga.

4. Menerapkan prinsip 4 R: - Reduce atau mengurangi barang yang enggak berguna. - Reuse atau memakai ulang barang yang masih bisa digunakan.

- Recycle atau mendaur ulang barang agar menjadi barang yang berguna. - Replant atau menimbun sampah organik untuk dijadikan sebagai kompos. 5. Menghargai dan mencintai alam.Baca Juga: Mencari Jawaban pada Teks Bacaan Nonfiksi 'Keadaan Alam Indonesia', Kelas 6 SD Tema 8

Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 tentang upaya atau cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan.