Find Us On Social Media :

Pengertian Puisi: Unsur dan Jenisnya, Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

Ilustrasi seseorang sedang membaca buku puisi.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu membaca atau bahkan membuat karya sastra puisi?

Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyairnya dengan mengutamakan keindahan kata-kata.

Dalam sebuah puisi, kita mengungkapkan berbagai hal seperti kebahagiaan, kesedihan, kegelisahan, dan ungkapan memuja dalam bahasa yang indah.

Kali ini kamu akan diajak untuk belajar tentang unsur-unsur dan jenis-jenis puisi dalam uraian di bawah ini. Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Unsur-Unsur Puisi

1. Majas dan Irama

Teks puisi mengutamakan majas dan irama, majas merupakan bahasa kiasan yang digunakan untuk menciptakan kesan tertentu di benak pembacanya.

Untuk menekankan pada kesan-kesan itu, banyak jenis majas yang digunakan seperti perbandingan, pertentangan, perulangan, hingga perumpamaan.

Sedangkan irama atau musikalitas adalah alunan bunyi yang teratur dan berulang-ulang dan memberikan jiwa pada kata-kata dalam barisan puisi.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Puisi yang Baik dan Benar, Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA

2. Penggunaan kata-kata konotasi

Penggunaan konotasi bermakna enggak sesuai sebenarnya, kata-kata itu mengalami penambahan-penambahan yang berdasarkan pengalaman, kesan, imajinasi, dan perasaan dari si penyair.