Find Us On Social Media :

Apa itu Mind Mapping yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat saat Belajar?

Contoh ilustrasi mind mapping yang penuh warna dan menarik.

GridKids.id - Kids, ketika kamu sedang belajar dan berusaha memahami suatu materi pelajaran, hal apa yang kamu terapkan supaya belajarmu lebih efektif?

Beberapa orang biasanya menghapalkan materi yang harus dipahaminya, beberapa lagi menyukai jika seseorang menjelaskannya dengan cara yang lebih sederhana atau disertai contoh agar lebih mudah dipahami konteksnya.

Namun, pernahkah kamu mendengar tentang cara belajar dengan menggunakan mind mapping?

Mind mapping adalah salah satu cara berpikir terstruktur sehingga seseorang akan lebih mudah mencerna berbagai informasi dalam ingatannya dan menggunakannya ketika dibutuhkan.

Mind mapping merupakan sebuah teknik menyusun catatan yang bisa membantu seseorang untuk memaksimalkan potensi otaknya, yaitu dengan menggunakan kerja otak bagian kiri dan kanan sehingga informasi lebih mudah masuk dan dicerna.

Teknik belajar ini disebut sebagai teknik yang paling baik supaya otak bisa berpikir secara teratur dengan menggabungkan grafis dan kata kunci yang bisa membantu mendorong potensi otak secara maksimal.

Metode ini disebut bisa membantu meningkatkan daya ingat atau kemampuan memori seseorang hingga 78%, lo.

Mind mapping bisa dimanfaatkan sebagai proses belajar yang kreatif, karena untuk membuatnya seseorang harus memahami garis besar materi yang akan dibuat menjadi mind mapping atau peta pikiran ini.

Selanjutnya akan dijelaskan juga tentang beberapa manfaat pembuatan mind map sebagai bahan belajar, di antaranya:

Baca Juga: Cara Membuat Mind Mapping di Canva, Gratis dan Tanpa Ribet

1. Mind map akan memudahkan seseorang melihat gambaran besar dari suatu ide atau topik. Hal ini didukung dengan proses pembuatannya yang melibatkan banyak bentuk, bagan, warna, hingga kata kunci sederhana yang bisa mendorong otak untuk mencerna dan menghubungkan berbagai informasi yang terkait.