Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Pengelompokan Planet dalam Tata Surya, Kelas 6 SD

(Ilustrasi) Pengelompokan planet dalam tata surya, materi kelas 6 SD

GridKids.id - Pada pembelajaran materi tematik kelas 6 SD kali ini kamu akan belajar tentang planet dalam tata surya.

Seperti yang diketahui di dalam sistem tata surya, matahari adalah pusat tata surya serta planet-planet yang berotasi dan berevolusi mengelilingi matahari, satelit dan beberapa benda langit lain. Para ilmuwan juga mengelompokkan planet dengan menggunakan 3 cara, yaitu berdasarkan kedudukan bumi, berdasarkan orbit asteroid dan berdasarkan ukuran dan komposisinya. Agar kamu lebih memahaminya lagi, simaklah materinya terlebih dahulu, setelah itu baru bisa mengerjakan soalnya! Pengelompokan planet dalam sistem tata surya

Planet merupakan benda langit yang gelap, enggak memiliki cahaya sendiri dan bergerak mengelilingi matahari. Ada 8 planet yang berputar mengelilingi matahari dalam sistem tata surya. Adapun ciri-ciri planet, yaitu: - Memiliki lintasan orbit yang bersihBaca Juga: Materi Kelas 6 SD: Contoh-Contoh Kewajiban Pelajar di Sekolah dan di Rumah

- Memiliki orbit yang mengitari bumi

- Memiliki massa dan gravitasi yang cukup besar dan dapat membentuk struktur bulat. Pengelompokan planet

Berikut adalah pengelompokan planet yang dibagi menjadi 3, yaitu: 1. Berdasarkan Bumi sebagai pembatasnya:

- Planet inferior merupakan planet yang orbitnya ada di sebelah dalam orbit Bumi yaitu Merkurius dan Venus. - Planet superior merupakan planet-planet yang orbitnya berada di sebelah luar orbit Bumi yaitu Jupiter, Mars, Saturnus, Uranus dan Neptunus. 2. Berdasarkan orbit asteroid sebagai pembatasnya: - Planet dalam merupakan planet yang orbitnya terletak di lintasan asteroid yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.

Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Mengenal Kebudayaan Vietnam yang Dipengaruhi Oleh Kebudayaan Tiongkok

- Planet luar merupakan planet di luar lintasan asteroid yaitu Jupiter, Uranus, Saturnus dan Neptunus. 3. Berdasarkan ukuran dan komposisinya: - Planet terstrial merupakan planet yang komposisinya bahan penyusunnya mirip dengan Bumi yaitu bebatuan, contohnya seperti Merkurius, Mars, Bumi dan Venus. - Planet jovian adalah planet yang berukuran besar yang penyusunnya terdiri dari es dan gas hidrogen. Contohnya Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Contoh Soal 1. Sebutkan pengelompokan sistem tata surya berdasarkan bumi sebagai pembatasnya! Jawab:

Berdasarkan Bumi sebagai pembatasnya yang dibagi jadi dua yaitu planet inferior dan planet superior. Planet inferior merupakan planet yang orbitnya ada di sebelah dalam orbit Bumi seperti, Merkurius dan Venus.

Baca Juga: Keunikan Uranus, Planet Es yang Berpetualang Misterius di Tata Surya

Planet superior adalah planet yang orbitnya di sebelah luar Bumi seperti, Uranus, Sarurnus, Neptunus, Mars dan Jupiter. 2. Sebutkan apa saja planet-planet dalam dan planet luar! Jawab: Planet dalam yaitu, Merkurius, Venus, Bumi dan Mars, sedangkan planet luar yaitu, Jupiter, Uranus, Neputus dan Saturnus.