Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Cerita Nonfiksi 'Dampak Rotasi Bumi', Kelas 6 SD Tema 8

Kunci jawaban pada cerita nonfiksi berjudul 'Dampak Rotasi Bumi', kelas 6 SD tema 8

GridKids.id - Kids, pada materi kelas 6 SD tema 8 kali ini kita bahas tentang cerita nonfiksi berjudul 'Dampak Rotasi Bumi'.

Setelah membaca cerita fiksinya, kamu akan mengerjakan soal dan temukan kunci jawabannya. Cerita nonfiksi merupakan bacaan yang berisi hal nyata dan bersifat informatif serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Karangan nonfiksi merupakan karangan yang dibuat berdasarkan fakta atau peristiwa yang benar-benar dialami. Nonfiksi biasa berbentuk tulisan ilmiah, ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, dan sebagainya. Adapun perbedaan antara cerita fiksi dan nonfiksi yang terletak pada masalah fakta dan imajinasi. Teks nonfiksi juga dibagi menjadi 2, yaitu: 1. Nonfiksi murni yang berisikan pengembangan berdasarkan data-data yang autentik.

2. Nonfiksi kreatif yaitu cerita yang berawal dari data autentik dan dikembangkan oleh penulisnya pada umumnya dalam bentuk novel, puisi, dan prosa.Baca Juga: Materi TIK tentang Mengunggah File Gambar dan Presentasi, Kelas 6 SD Tema 9

Untuk lebih memahami teks nonfiksi, kamu harus membaca judul teks 'Dampak Rotasi Bumi'.

Dalam teks nonfiksi biasanya akan terdapat 1 gagasan utama dalam setiap bacaannya. Yuk, langsung saja kita simak teks nonfiksi di bawah ini! Teks Nonfiksi 'Dampak Rotasi Bumi' Setiap hari, Bumi melakukan beberapa gerakan. Bumi melakukan gerakan berputar pada porosnya. Gerakan tersebut dinamakan rotasi Bumi. Pada saat bersamaan Bumi juga melakukan gerakan yang lain yaitu revolusi Bumi. Revolusi Bumi adalah gerakan Bumi mengelilingi Matahari pada orbitnya. Rotasi bumi menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam hari di permukaan Bumi. Rotasi bumu juga menyebabkan gerak rotasi semu harian matahari, yaitu gerakan matahari yang seolah-olah terbit di arah timur di pagi hari dan tenggelam di arah barat pada malam hari.  Disamping itu rotasi Bumi juga menyebabkan terjadinya perbedaan waktu di Bumi. Itulah beberapa fenomena alam yang terjadi karena rotasi Bumi. Revolusi Bumi juga menyebabkan terjadinya berbagai fenomena di permukaan Bumi. Salah satu fenomena tersebut adalah terjadinya gerak semu tahunan matahari. Baca Juga: Makna Gotong Royong pada Cerita Fiksi 'Membangun Kincir Air Bersama', Kelas 6 SD Tema 9

Di samping itu revolusi Bumi juga menyebabkan terjadinya perubahan musim di berbagai wilayah. Contoh Soal 1. Pada cerita nonfiksi di atas seharusnya enggak membahas tentang? A. Pengertian rotasi bumi B. Gerakan bumi mengelilingi matahari C. Fenomena alam yang terjadi karena rotasi bumi D. Gerak semu harian matahari sebagai akibat dari rotasi bumi Jawabannya adalah B Karena jika dilihat dari teks nonfiksi di atas membahas tentang dampak rotasi bumi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Pendek 'Sepucuk Surat Menjelang Ujian', Kelas 6 SD Tema 9

Rotasi bumi merupakan gerakan bumi yang berputar pada porosnya. Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 tentang menemukan kunci jawaban pada cerita nonfiksi berjudul 'Dampak Rotasi Bumi'.

Baca Juga: Kunci Jawaban Perangkat Lunak Pembuat Program Scratch, Kelas 6 SD Tema 9

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.