Find Us On Social Media :

Perbedaan Rangkuman dan Notula serta Langkah Pembuatannya, Bahasa Indonesia SMA Kelas 11

Rangkuman biasanya dibuat supaya seseorang mudah memahami isi dari keseluruhan materi yang didengar atau dibacanya.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu merangkum materi suatu mata pelajaran atau mencatat jalannya sebuah rapat pengurus kelas?

Masih banyak orang yang menganggap keduanya adalah kegiatan yang menghasilkan catatan yang serupa, padahal keduanya berbeda, lo, Kids.

Rangkuman merupakan ringkasan dari uraian materi yang disampaikan secara tertulis maupun lisan.

Jenis ringkasan ini dibuat supaya seseorang lebih mudah memahami keseluruhan isi dari materi yang dipaparkan dalam uraian tulisan maupun lisan.

Sedangkan notula merupakan catatan singkat tentang jalannya sebuah rapat yang memuat materi hingga detail pelaksanaan rapat (waktu, lokasi, anggota atau peserta rapat, hingga hasil atau keputusan rapat).

Jika rangkuman bisa dibuat dengan enggak memperhatikan urutan materi yang disampaikan, notula harus ditulis berurutan dari bagian awal hingga akhir rapat.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan rangkuman dan notula yang baik. Yuk, simak langkah-langkah lengkapnya di bawah ini, Kids.

Langkah-langkah Membuah Rangkuman

1. Membaca naskah asli atau menyimak sebuah diskusi dari awal sampai akhir.

Baca Juga: Rangkuman Materi Kelas 6 SD Tema 3, Penemu yang Mengubah Dunia

2. Membuat catatan tentang gagasan penting dari sebuah naskah, diskusi, maupun materi yang disampaikan.

3. Membuat tulisan ulang atau menyusun karangan singkat dari gagasan-gagasan penting yang sudah diperoleh dan dicatat sebelumnya.