Find Us On Social Media :

Menemukan Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Senyum Sang Juara', Kelas 6 SD Tema 9

Menemukan kunci jawaban pada cerita fiksi berjudul 'Senyum Sang Juara', kelas 6 SD tema 9

GridKids.id - Pada pembahasan kali ini kita telah sampai pada materi tematik kelas 6 SD tema 9.

Kamu akan membaca cerita fiksi secara saksama dan memahami materinya secara singkat. Saat membaca cerita fiksi, kamu juga bisa mengambil nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita tersebut. Walau cerita fiksi dibuat oleh pengarangnya, namun kita bisa mengambil nilai-nilainya yang jadi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Adapun nilai yang dapat kita ambil seperti nilai moral, nilai agama, nai budaya, nilai pendidikan dan lain-lain. Agar kamu lebih memahaminya lagi, yuk, kita simak cerita fiksi berikut ini!

Cerita Fiksi 'Senyum Sang Juara' Oleh Pupuy Hurriyah  Sudah dua minggu berlalu, namun ingatan Sekar masih saja pada perlombaan membacakan cerita yang setiap tahun diadakan ke sekolahnya. Sebelum perlombaan, Sekar adalah sang juara bertahan. Karena dua tahun berturut-turut sebelumnya, Sekar selalu menjadi juara satu. Tahun ini pun teman-teman Sekar menjagokannya kembali untuk menjadi juara satu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Kado Ulang Tahun Ibu', Kelas 6 SD Tema 9

Namun ternyata, tahun ini Sekar harus puas menjadi juara kedua. Ajeng, teman sebangkunya, menjadi pemenangnya kali ini. Padahal, Sekar ingin kembali menjadi juara di tahun terakhirnya di sekolah dasar tahun ini. Ia ingin menjadi juara bertahan selama tiga tahun berturut-turut.Harapan Sekar itu pupus karena Ajeng. Dua tahun sebelumnya Ajeng juga ikut lomba itu. Langkah Ajeng saat itu terhenti di babak semifinal. Tetapi tahun ini Ajeng berhasil mencapai final. Bahkan, ia menjadi juara satu mengalahkan Sekar si juara bertahan.Sekar ingat saat-saat menghadapi perlombaan itu. Ia dan Ajeng berlatih bersama. “Sekar, kamu baik sekali mau mengajariku menjadi pembaca cerita yang baik,” kata Ajeng saat berlatih.Sekar tersenyum, “Aku senang jika kamu merasa menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya untuk menghadapi perlombaan nanti.”

Ah! Tetapi, Sekar tidak pernah membayangkan jika ternyata Ajeng dapat mengalahkannya saat lomba! Ada rasa sesal, kenapa ia mau mengajari Ajeng saat menjelang lomba. Perasaan Ajeng campur aduk antara perasaan marah, kesal, dan kecewa. Sejak itu, Sekar selalu menghindar dari Ajeng. Ia bersikap dingin terhadap Ajeng.  Kini setelah dua minggu Sekar bersikap tidak ramah terhadap Ajeng, Sekar mulai merasakan sendiri kesedihan setelah persahabatannya dengan Ajeng menjadi renggang. Sekar merasakan kehilangan hari-harinya yang indah sebelumnya bersama Ajeng.“Ajeng,” Sekar tiba-tiba menyapa Ajeng saat jam istirahat di kelas.“Maafkan sikapku,” kata Sekar. Sekar lalu menjabat tangan Ajeng erat-erat. “Aku rela tidak mendapatkan juara, asalkan kamu mau tetap jadi sahabatku, Ajeng.” Mata Sekar mulai berkaca-kaca.Oh! Ajeng terkejut dengan sikap Sekar. Ia pun berkata,”Aku juga, Sekar. Aku pikir, lebih baik aku tidak menjadi juara asalkan masih tetap bersahabat denganmu.”

Baca Juga: Materi Kelas 6 SD Tema 9: Cara Memenuhi Kebutuhan Astronaut di Ruang Angkasa

Sekar menggeleng, “Kamu berhak mendapatkan juara, Ajeng. Kamu sungguh sangat bagus saat lomba. Aku harus bersikap sportif mengakuinya. Semalam ibuku mengatakan kepadaku, bahwa aku tetap menjadi juara. Aku juara karena telah berhasil menjadikan orang lain menjadi juara.”

Kedua sahabat itu pun saling berpelukan. Indahnya persahabatan!Contoh Soal dan Jawaban 1. Jelaskan tokoh utama dan wataknya menurut cerita fiksi di atas! Jawab: - Sekar: pintar membaca cerita dan juga senang membantu. Tetapi, ia jadi iri karena ia yang mendapatkan juara 1 pada perlombaan membaca cerita. - Ajeng: rajin, pemaaf dan pantang menyerah. Ajeng enggak malu meminta tolong pada Sekar untuk mengajarinya membaca cerita. Tetapi, karena itulah ia jadi juara 1 dan pertemannya jadi renggang.

2. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara cerita fiksi di atas dengan peristiwa yang pernah kamu alami!

Baca Juga: Materi Kelas 6 Tema 7: Penerapan Nilai Ketuhanan dalam Kehidupan Sehari-hari

Jawab: - Persamaan: misalnya, saya juga pernah bertengkar dan merasa iri dengan teman. Saya yang biasanya ranking 1 sejak kelas 1 SD, namun ketika kelas 6 saya dikalahkan oleh teman saya. - Perbedaan: misalnya, sampai saat ini belum sempat saling memaafkan. Semoga nanti ada kesempatan untuk kita dapat berbaikan dan berteman kembali. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 yaitu menemukan kunci jawaban pada cerita fiksi berjudul 'Senyum Sang Juara'.