Find Us On Social Media :

5 Manfaat Adanya Fenomena Arus Laut untuk Kehidupan di Bumi

Arus laut terjadi secara alami dan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan.

GridKids.id - Kids, jika kamu pernah naik alat transportasi laut, mungkin kamu menyadari bahwa arus laut sangat berguna untuk membantu kapal berlayar.

Arus laut merupakan pergerakan air laut yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi angin, perbedaan kadar garam, perbedaan suhu udara (temperatur), hingga gelombang. Biasanya arus laut ditemukan di permukaan atau bagian bawah permukaan laut.

Arus laut enggak hanya menimbulkan perpindahan massa air secara horizontal tapi juga secara vertikal (upwelling). Namun, fenomena upwelling disebut jarang sekali terjadi.

Tak hanya bisa membantu navigasi kapal atau kegiatan pelayaran, air laut juga memiliki beberapa manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari kompas.com, berikut adalah beberapa manfaat arus air laut yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

1. Menyebarkan nutrisi dalam laut

Arus laut berperan penting bagi kehidupan di dalamnya, karena keberadaannya bisa membawa berbagai nutrisi dan makanan ke organisme hidup melekat di satu tempat.

Arus laut akan membawa fitoplankton produsen ekosistem laut yang sangat penting ke berbagai belahan laut dan menjaga keseimbangan ekosistem lautan.

Selain itu, arus laut juga mendistribusikan nitrogen dan fosfat untuk mendukung kehidupan tumbuhan laut yang menjadi makanan utama beberapa hewan laut.

Baca Juga: Bukan Cuma Atlantis, Ini 5 Teka-teki Bawah Laut yang Masih Jadi Misteri

2. Mengatur iklim