Find Us On Social Media :

Pengertian Penyerbukan dan Jenis Penyerbukan Berdasar Asal Serbuk Sarinya, IPA Kelas 9 SMP

Ilustrasi penyerbukan pada tanaman yang dibantu oleh angin.

GridKids.id - Kids, apakah yang kamu ketahui tentang proses penyerbukan pada tumbuhan?

Penyerbukan adalah proses perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji yang paling awal terjadi, proses ini biasa dikenal dengan polinasi atau pollination cf. pollen yang berarti serbuk sari.

Proses ini ditandai dengan jatuhnya serbuk sari di permukaan putik bunga, yang berasal dari bunga lain atau bunga dari tumbuhan yang sama.

Jika proses penyerbukan berhasil maka akan tumbuh buluh serbuk yang akan masuk ke dalam saluran putik yang akan menuju ke bakal biji, selanjutnya akan terjadi proses pembuahan.

Istilah penyerbukan silang yaitu sebuah proses pindahnya serbuk sari dari anther ke bagian stigma bunga di tumbuhan lain yang masih satu spesies atau berkerabat.

Umumnya, jenis penyerbukan silang lebih banyak terjadi jika dibandingkan dengan penyerbukan sendiri.

Hal ini berdampak pada makin banyaknya spesies yang berasal dari produksi biji dan biasanya bersifat lebih kuat dari turunannya.

Proses penyerbukan bisa dibantu dengan adanya perantara (polinator) alami seperti faktor angin, keong, serangga, dan binatang-binatang kecil lainnya. Tapi, bisa juga terjadi karena bantuan tangan manusia.

Selanjutnya akan dijelaskan tentang macam-macam proses penyerbukan tanaman yang perlu kamu tahu. Yuk, simak uraian lebih lanjutnya di bawah ini!

Baca Juga: Pengertian Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Geragih dan Contohnya

Macam-macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari