Find Us On Social Media :

Apa Benar Minum Air Dingin Berdampak Buruk bagi Kesehatan? #AkuBacaAkuTahu

Minum air dingin sering dianggap berdampak buruk bagi kesehatan, benarkah begitu?

GridKids.id - Minum banyak air memang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Minum air yang cukup setiap hari dapat mendukung semua fungsi tubuh termasuk pencernaan, metabolisme, membuang limbah hingga menjaga organ dan jaringan. Namun walau begitu, masih ada saja orang yang percaya bahwa minum air dingin memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Namun, apakah benar minum air dingin dapat berdampak buruk?

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa minum air dingin enggak berdampak buruk bagi kesehatan. Justru, meminum air dingin mendatangkan manfaat baik bagi kesehatan, Kids. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air dingin selama berolahraga akan dapat meningkatkan kinerja serta daya tahan tubuh. Pada studi di tahun 2012 melibatkan 45 laki-laki sehat dan menemukan bahwa minum air dingin selama berolahraga dapat mengurangi kenaikan suhu. Pada 2014 studi lain juga menyelidiki ada efek dari minuman yang berbeda pada 12 atlet laki-laki yang terlatih bersepeda di iklim tropis.Baca Juga: Perlu Diwaspadai, Inilah Bahaya Air Minum Isi Ulang bagi Tubuh dan Tips Mengonsumsinya

Minum air es bahkan lebih baik dari air minum yang bersuhu netral. Namun, para peneliti juga menyimpulkan bahwa atlet mencapai performa baik saat mengonsumsi air es yang beraroma mentol. Walau begitu, minum air dingin juga enggak dianjurkan untuk beberapa orang yang memiliki kondisi tertentu. Kondisi tertentu juga dapat memengaruhi kerongkongan atau saluran makanan sehingga harus menghindari minum air dingin. Seperti akalasia yang merupakan kondisi langka yang bisa membuat kamu sulit menelan makanan dan minuman. Studi di tahun 2012 juga menemukan adanya gejala pada akalasia yang disebabkan karena mengonsumsi air dingin. Namun, saat para peserta minum air panas, hal itu justru membantu untuk menenangkan dan mengendurkan pipa makanan yang membuat mereka mudah menelannya. Studi lain juga menunjukkan ada 669 perempuan yang minum air dingin dan dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Para peneliti juga melaporkan ada 7,6 persen partisipan yang mengalami sakit kepala setelah minum 150 ml air es.Baca Juga: Jangan Lakukan Lagi, Mengonsumsi Air Minum Sisa Semalam Bisa Membahayakan Tubuh, Ini Alasannya

Mereka juga menemukan bahwa peserta dengan migrain aktif dua lebih mengalami sakit kepala setelah minum air es dibanding orang yang enggak mengalami migrain.

Sebagian orang juga mengklaim bahwa minum dan makan makanan dingin bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan pilek.

Tetapi perlu diketahui belum ada bukti ilmiah yang mengatakan hal tersebut. Itulah penjelasan tentang air dingin yang sering dianggap berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: Banyak Dilakukan, Ketahui 6 Kebiasaan Buruk untuk Memulai Pagimu, Salah Satunya Kurang Minum Air Putih

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.