Find Us On Social Media :

Kebiasaan Ini Sebaiknya Ditinggalkan, Ketahui 5 Bahaya Menggigit Kuku bagi Kesehatan

(Ilustrasi) kebiasaan menggigit kuku ternyata dapat menyebabkan masalah kesehatan.

 

GridKids.id - Kids, apakah kamu salah satu orang yang suka menggigiti kuku? Kebiasaan ini memang kerap dilakukan dan dianggap sepele, padahal dapat membuat area kutikula terkelupas hingga berdarah, lo.Kebiasaan ini ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan kuku dan tangan kita. Selain itu, menggigit kuku juga bisa menjadi tanda dari ketidakseimbangan emosional. Dalam istilah medis, menggigit kuku juga dikenal dengan onikofagia yang merupakan sinyal bahwa kamu sedang ketakutan atau stres. Jika enggak segera diatasi, akan ada sederet bahaya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Lalu, apa saja bahaya kebiasaan menggigit kuku? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kuku tumbuh ke dalam Apakah kamu pernah mendengar istilah ingrown hair atau rambut yang tumbuh ke dalam?Baca Juga: Benarkah Kuku Tangan Lebih Cepat Tumbuh Dibanding Kuku Kaki? #AkuBacaAkuTahu

Ternyata kuku juga bisa mengalami hal serupa, lo. Kuku mengandung lapisan degeneratif yang disebut matriks. Matriks berbentuk mirip lapisan tempat semua sel di mana kuku bisa berkembang. Infeksi buntut dari kebiasaan menggigit kuku ini dapat merusak matriks yang membuat kuku jadi tumbuh ke dalam. 2. Infeksi Kebiasaan menggigit kuku ini juga dapat menyebabkan infeksi di sekitar kulit kuku. Jika kamu menggigitnya sampai mengekspos kilit halus di bawah kuku, maka bakteri akan masuk dengan mudah. 3. Kerusakan gigi Kebiasaan menggigit kuku enggak hanya membawa masalah pada jari tangan saja namun juga bisa pada gigi. Jika kebiasaan ini terus dilakukan maka akan berdampak panjang dan gigi jadi bermasalah.

Baca Juga: Jangan Dilakukan Lagi, Ini 3 Dampak Buruk Suka Menggigit Kuku

Menggigit kuku dapat mengakibatkan oklusi gigi yang buruk sehingga gigi bergeser posisinya dan bentuknya jadi aneh. 4. Peradangan Air liur enggak hanya berguna untuk membasahi mulut tetapi air liur jiga dapat memungkinkan manusia untuk memecah lemak dan molekul makanan lainnya. Dalam konteks pencernaan, hal ini jelas membantu tetapi enggak dalam menggigit kuku. Saat jari masuk ke dalam mulut, air liur akan memicu peradangan. Makanya enggak disarankan untuk menjilat bibir. Karena hal ini justru akan membuat bibir jadi pecah-pecah dan makin kering. 5. Sakit perut Kuku adalah tempat segala macam bakteri dan termasuk ke dalam keluarga Enterobacteriaceae. Enterobacteriaceae merupakan bakteri yang termasuk dalam salmonella dan E. coli. Baca Juga: Agar Enggak Menjadi Sarang Berkembangnya Kuman, Begini Cara Merawat Kesehatan Kuku

Saat menggigit kuku, bakteri akan berakhir di mulut dan usus yang dapat mengakibatkan infeksi pencernaan sehingga menimbulkan sakit perut. Itulah beberapa bahaya kebiasaan menggigit kuku yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya sakit perut.

Baca Juga: Bisa Dicoba di Rumah, Terapkan 5 Cara Aman untuk Memotong Kuku Kucing

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.