Find Us On Social Media :

Tak Hanya Anjing, Inilah 5 Hewan yang Punya Penciuman Paling Tajam

Anjing dikenal memiliki penciuman yang sangat tajam, sehingga hewan ini sering membantu pencarian bukti kriminal oleh polisi.

GridKids.id - Kids, tahukah kalian bahwa ada beberapa hewan yang memiliki penciuman yang sangat tajam dibanding dengan hewan lainnya?

Mungkin kamu sering mendengar bahwa anjing memiliki penciuman yang tajam, itulah kenapa hewan ini sering bekerja sama dengan polisi untuk mencari jejak atau bukti-bukti kejahatan.

Tapi, ada beberapa hewan lainnya yang juga enggak kalah tajam penciumannya jika berhubungan dengan aroma atau bau tertentu.

Kemampuan ini biasanya dimanfaatkan untuk berburu atau bergerak di malam hari.

Lalu, hewan apa saja sih yang memiliki ketajaman penciuman? Yuk, cari tahu uraian lengkapnya di bawah ini.

1. Beruang

Meski otak beruang berukuran sepertiga dari otak manusia, hewan ini memiliki kelebihan jika berhubungan dengan kemampuan membau.

Ketajamannya disebut mencapai lima kali kemampuan membau manusia, lebih dari itu karena ukurannya yang sangat besar, indera penciumannya disebut 2 ribuan kali lebih tajam dan daripada milik manusia.

Kemampuan ini dimanfaatkan beruang untuk beragam hal dalam bertahan hidup, seperti mencari pasangan, melacak keberadaan anak-anaknya, mencari mangsa atau makanan, hingga menghindari ancaman atau bahaya.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Grizzly, Beruang Cokelat Besar dari Amerika Utara

Beruang diketahui bisa mencium bau bangkai hewan dari jarak sekitar 30an kilometer.