Find Us On Social Media :

Sangat Disukai, Ternyata 3 Jenis Makanan Ini Enggak Boleh Dikonsumsi saat Demam

Kue manis perlu dihindari saat mengalami demam.

GridKids.id - Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit demam. Yap, demam merupakan suatu kondisi kesehatan di mana para pengidapnya akan kehilangan selera makan. Saat suhu tubuh meningkat, badan akan mengiggil, banjir keringat dan mulut akan terasa pahit. Karena mulut terasa pahit, para pengidapnya pun akan kehilangan selera makan. Padahal, untuk memenuhi asupan gizi saat demam kita memerlukan makanan untuk bantu melawan infeksi. Demam merupakan cara alami tubuh untuk menyingkirkan virus, bakteri dan kuman lain yang menginfeksi tubuh. Untuk itu, kita perlu memilih makanan yang tepat saat mengalami demam dan perlu menghindari beberapa jenis makanan ini, yaitu: 1. Daging olahan dan makanan beku Daging olahan seperti sosis, kornet atau segala jenis makanan beku lainnya lebih cenderung sulit untuk dicerna.Baca Juga: Jangan Sering Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Jenis makanan ini membutuhkan energi besar agar dapat dicerna di dalam tubuh kita. Padahal saat demam, kita membutuhkan lebih banyak energi untuk proses pemulihan. Maka dari itu, makanan beku dan daging olahan enggak boleh dimakan saat demam.

Saat demam menyerang, ada beberapa jenis makanan yang perlu dimakan seperti sup ayam, buah dan sayur, ikan, ayam, telur dan makanan protein tinggi. 2. Asupan Tinggi Gula Setiap makanan dan minuman tinggi gula sebaiknya dihindari saat demam. Gula olahan seperti gula pasir, gula yang ditambahkan ke minuman dan makanan, atau jenis pemanis buatan dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Peradangan yang enggak terkontrol ini dapat mengganggu respons sistem daya tahan tubuh. Maka dari itu, saat demam kita perlu menghindari makanan penutup, aneka kue, roti atau minuman manis.

Baca Juga: 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Meredakan Batuk, Salah Satunya Sup Ikan

3. Kopi, Teh, Cokelat dan Soda

Kopi, teh, cokelat, soda dan minuman yang mengandung kafein lainnya juga enggak boleh dikonsumsi saat demam. Mengonsumsi kafein dapat mendorong orang untuk berkemih atau kencing yang dimana kondisi tersebut membuat pengidap demam mengalami dehidrasi. Saat penyembuhan demam, kita sangat perlu membutuhkan cairan untuk melawan infeksi. Nah, itulah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari dan enggak boleh dikonsumsi saat demam, salah satunya daging olahan.

Baca Juga: Banyak yang Enggak Sadar, Ternyata Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini dapat Memicu Asam Lambung Naik

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.