Find Us On Social Media :

Contoh Penerapan Sila Ketiga Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari, Kelas 6 SD

Contoh Penerapan Sila Ketiga Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari, Kelas 6 SD

 

GridKids.id - Kids, pada pembahasan kali ini kita akan bahas materi kelas 6 SD yaitu contoh penerapan sila ketiga Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita tahu bahwa Pancasila menjadi ideologi bangsa Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia yang baik, kita harus mengamalkan setiap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila dijadikan sebagai ideologi negara Indonesia dan juga pedoman masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila yaitu sila ketiga yang berbunyi 'Persatuan Indonesia'. Salah satu bentuk nilai persatuan adalah memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

Berjiwa nasionalisme berarti kita harus mencintai negara Indonesia. Hal ini juga akan menciptakan masyarakat agar saling bersatu dan berpatu di dalam persatuan Indonesia. Nilai Sila Ketiga Pancasila Baca Juga: Membaca Cerita Fiksi 'Kesempatan yang Hilang' serta Kunci Jawabannya, Kelas 6 SD Tema 9

Adapun beberapa nilai sila ketiga dalam Pancasila, yaitu: 1. Bisa menempatkan persatuan, kesatuan dan kepentingan serta keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan pribadi dan golongan.

2. Rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa bila diperlukan.

3. Mengembangkan rasa cinta pada tanah air dan bangsa. 4. Mengembangkan rasa kebanggan berkebangsaan dan bertana air Indonesia. 5. Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan pada kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. 6. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika. 7. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Adapun beberapa penerapa nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: Baca Juga: Kunci Jawaban Teks 'Susunan Planet Tata Surya berdasarkan Orbit Bumi', Kelas 6 SD Tema 9

1. Menumbuhkan rasa mencintai tanah air dan berusaha menjaga nama baik Indonesia, contohnya menggunakan produk buatan Indonesia. 2. Berteman dan membantu orang tanpa membedakan agama, suku dan ras. 3. Enggak menimbulkan keributan atau perselisihan antar masyarakat seperti enggak mengejek teman yang memiliki suku, agama dan ras berbeda. 4. Bekerja untuk kepentingan bersama seperti gotong royong membersihkan kelas atau lingkungan rumah. 5. Menjaga tolerasi antar teman dan masyarakat. 6. Enggak memaksakan kehendak pada orang lain.

7. Menolong teman yang sedang kesusahan. 8. Menjunjung tinggi persatuan bangsa di dunia maya maupun pergaulan internasional. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tentang contoh sila ketiga Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Contoh Kalimat Tanya Mengapa dan Jawabannya, Materi Kelas 6 SD

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.