Find Us On Social Media :

Mudah Dilakukan, Ternyata 4 Jenis Olahraga Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Ada beberapa jenis olahraga yang ternyata ampuh menurunkan kolesterol jahat.

GridKids.id - Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi dapat merusak arteri dan juga meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Hal ini perlu diperhatikkan dengan cara menjaga pola makan dan rutin berolahraga juga dinilai sebagai langkah terbaik untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Olahraga merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Agar lebih optimal lagi, kita juga perlu menerapkan pola makan yang sehat. Olahraga dapat menghilangkan kolesterol LDL lemak yang berbahaya dan meningkatkan kadar kolesterol. Penyebab utama kolesterol tinggi salah satunya adalah kurang beraktivitas fisik atau berolahraga. Dengan berolahraga, berat badan dapat terkontrol dan otot di tubuh lebih banyak bergerak. Olahraga setidaknya 30 menit lima sampai tujuh kali per minggu.Baca Juga: Jadi Favorit Banyak Orang, 3 Minuman Ini Ternyata Bisa Memicu Kolesterol Tinggi, Sudah Tahu?

Adapun beberapa jenis olahraga yang ampuh menurunkan kolesterol, yaitu: 1. Yoga

Yoga umumnya adalah salah satu jenis olahraga yang berintensitas rendah, penelitian menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, yoga juga dapat secara positif memengaruhi kadar kolesterol. Sebuah riset menemukan bahwa orang yang teratur berlatih yoga menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kolesterol LDL, kolesterol HD serta tekanan darah. 2. Bersepeda

Bersepeda dapat menghabiskan energi yang sama dengan jogging. Namun, bermain sepeda enggak membuat sendi bekerja terlalu keras seperti jogging. Bila kamu mengalami nyeri sendi, bersepeda adalah pilihan yang tepat buat kamu.

Orang yang bersepeda lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kolesterol tinggi dibanding orang yang enggak bersepeda.Baca Juga: Mengurangi Kadar Kolesterol hingga Bikin Lebih Kenyang, Inilah 4 Manfaat Konsumsi Nasi Putih Dingin

3. Berjalan, jogging dan berlari Berjalan, jogging dan berlari adalah jenis olahraga yang juga ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat. Ketiga jenis olahraga ini tergantung pada stamina dan kesehatan sendi. Dari sebuah studi 2013, membandingkan puluhan ribu pelari dan pejalan kaki dengan jumlah yang sama. Hasil riset ini membuktikan bahwa berjalan, berlari dan jogging punya manfaat yang sama asal tingkat energi yang dikeluarkan juga sama. 4. Olahraga Air Olahraga air termasuk berenang dan berjalan di air juga mampu menurunka  kadar kolesterol. Manfaat dari olahraga ini bahkan manfaatnya sama seperti melakukan olahraga aerobik. Kids, itulah 4 jenis olahraga yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi salah satunya bersepeda.

Baca Juga: Tanpa Obat Dokter, Kolesterol Tinggi Dapat Diturunkan dengan 4 Langkah Mudah Ini

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.