Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Teks 'Susunan Planet Tata Surya berdasarkan Orbit Bumi', Kelas 6 SD Tema 9

Kunci Jawaban Teks 'Susunan Planet Tata Surya berdasarkan Orbit Bumi', Kelas 6 SD Tema 9

GridKids.id - Kids, kita telah sampai pada materi kelas 6 SD tema 9 dan GridKids akan membahas tentang benda langit komet dan planet. Kamu mungkin sudah enggak asing lagi mendengar nama komet yang juga merupakan benda langit. Komet dapat terlihat dari bumi dalam beberapa tahun sekali sesuai dengan jenis kometnya. Sama seperti planet yang juga merupakan benda langit, komet juga mengorbit Matahari sebagai pusat tata surya. Saat melintasi Bumi, komet akan terlihat bercahaya dan memiliki ekor panjang. Nah, masih banyak yang belum tahu apa perbedaan antata planet dan komet. Kamu dapat segera mengetahuinya setelah membaca teks informasi di bawah ini! Setelah dibaca dengan saksama, jawablah contoh soalnya! Teks Informasi 'Susunan Planet Tata Surya berdasarkan Orbit Bumi'Baca Juga: Contoh Kalimat Tanya Mengapa dan Jawabannya, Materi Kelas 6 SD

Susunan tata surya kita memiliki keunikan tersendiri. Matahari sebagai pusat tata surya dikelilingi oleh berbagai anggota lainnya, seperti planet, asteroid, satelit, meteorit, dan komet.

Salah satu benda langit yang menarik adalah komet. Komet merupakan salah satu benda langit yang memiliki inti dari batu dan air. Inti komet terbungkus dalam surai gas dan debu. Setiap kali komet mendekat ke Matahari, materi-materi dalam inti komet akan menguap dan membentuk bola gas kebiru-biruan dan ekor yang berwarna putih. Materi tersebut terdiri dari debu sepanjang jutaan kilometer. Oleh karena bentuknya yang demikian orang Yunani menyebutnya sebagai si rambut panjang yang dalam bahasa Yunani disebut kometes, asal kata dari komet.  Semua benda langit di atas melakukan perputaran mengitari Matahari sebagai pusat tata surya. Mereka mengelilinginya dalam jalurnya yang disebut sebagai orbit. Berdasarkan orbit Bumi terhadap Matahari, terdapat beberapa planet yang berada di dalam orbit Bumi. Planet-planet yang berada di dalam orbit Bumi disebut dengan planet inferior, yaitu Merkurius dan Venus. Sedangkan planet-planet yang berada di luar orbit Bumi disebut dengan planet superior, yaitu Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.  Contoh Soal dan Jawaban 1. Jelaskan persamaan dan perbedaan benda langit komet dan planet!

Jawab:

- Persamaan Komet dan PlanetBaca Juga: Cara Menyimpulkan Isi Teks Bacaan serta Contohnya, Materi Kelas 6 SD

Komet dan planet merupakan benda langit yang sama-sama mengorbit Matahari. - Perbedaan Komet dan Planet Komet, orbitnya berbentuk parabola yang lebih lonjong dan panjang. Sedangkan untuk planet, orbitnya elips dan lebih pendek. 2. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang kamu ketahui? Jawab: Pengelompokkan planet di tata surya dibagi menjadi dua kelompok yaitu planet dalam dan planet luar.

Planet dalam adalah planet yang orbitnya ada di dalam lintasan asteroid seperti Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Sedangkan planet luar adalah planet yang orbitnya ada di luar lintasan asteroid seperti Jupitet  Saturnus, Uranus dan Neptunus. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 7 yaitu membahas tentang benda langit komet dan planet dalam sebuah teks bacaan serta kunci jawabannya.

Baca Juga: 5 Negara yang Memiliki Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Kelas 6 SD

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.