Find Us On Social Media :

Pengertian dan Ciri-Ciri Hewan Herbivora, Biologi Kelas 10 SMA

Hewan herbivora adalah hewan-hewan pemakan tumbuhan yang kebanyakan tinggal di darat karena dekat dengan sumber makanannya.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah belajar tentang hewan-hewan karnivora atau hewan pemakan daging dan ciri-cirinya.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk belajar tentang hewan-hewan pemakan tumbuhan yang dikenal dengan herbivora.

Berbeda dengan hewan karnivora yang memiliki gigi atau taring yang tajam untuk makan, para hewan herbivora enggak memilikinya. Karena itulah hewan-hewan ini lebih mudah mencerna makanannya.

Kebanyakan hewan herbivora tinggal atau hidup di darat karena dekat dengan sumber makanannya. Contohnya: Sapi, Kambing, Kerbau, Kelinci, Gajah, Jerapah, Panda, Badak, Kijang, Kuda, Unta, dan lain sebagainya.

Banyak hewan herbivora yang dipelihara oleh manusia karena sifatnya yang jinak, berbeda dengan kebanyakan hewan karnivora yang buas.

Biasanya hewan ini berkeliaran di sekitar lingkungannya untuk mencari makanan sendiri.

Meski enggak memiliki gigi yang tajam dan runcing, gigi seri dan gigi geraham hewan herbivora merupakan bentuk adaptasi untuk memotong dan mengunyah tumbuh-tumbuhan atau sumber makanannya.

Selain itu, mereka juga memiliki lambung yang banyak, misalnya sapi yang disebut dengan hewan pemamah biak (ruminansia) yang punya empat lambung yang bekerja maksimal dalam mencerna makanan.

Hewan herbivora juga melakukan simbiosis mutualisme dengan mikroorganisme selulotik non patogen dengan protozoa dan bakteri untuk memudahkannya mencerna makanannya.

Baca Juga: Pengertian dan Ciri-Ciri Hewan Karnivora, Biologi Kelas 10 SMA

Ciri-Ciri Hewan Herbivora