Find Us On Social Media :

Kenapa Imlek Selalu Identik dengan Warna Merah? #AkuBacaAkuTahu

Hari Raya Imlek Selalu Identik dengan Warna Merah

GridKids.id - Kids, pada hari ini tepatnya Selasa (1/2/2022) seluruh umat Konghucu merayakan Imlek atau Tahun Baru China.

Hari Raya Imlek adalah bentuk dari ungkapan rasa syukur dan harapan kemakmuran dan kebahagiaan bagi masyarakat Tionghoa. Biasanya, Imlek dirayakan dengan pernak-pernik yang berwarna merah yang menjadi ciri khasnya. Hmm... kira-kira, kenapa Imlek selalu identik dengan warna merah, ya? Awal Mula Imlek Identik dengan Warna Merah Mungkin dari kamu banyak yang bertanya-tanya mengapa Imlek identik dengan warna merah? Nah, ternyata Tahun Baru Imlek dalam bahasa Mandarin adalah 'Guonian', dalam cerita rakyat Tiongkok, Guonian adalah monster menakutkan yang pada masa itu muncul di akhir tahun. Namun Guonian takut pada warna merah pekat dan suara petasan. Maka dari itu, manusia mulai memasang dekorasi berwarna merah dari chunlian hingga jianzhi (potongan kertas China). Selain itu, mereka juga mengenakan pakaian warna merah untuk menakuti monster tersebut yang pada akhirnya Hari Raya Imlek identik dengan warna merah.

Baca Juga: 6 Tradisi Unik di berbagai Negara untuk Merayakan Tahun Baru China, Ada yang Mengonsumsi Mie Panjang

Enggak hanya itu saja, Imlek juga identik dengan merah karena menurut budaya Tionghoa, warna merah melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan yang sering dipakai untuk hiasan dalam perayaan lain.

Imlek juga enggak lepas dari berbagai simbolnya yang menarik seperti: 1. Simbol Naga

Masyarakat Tiongkok memercayai bahwa naga adalah keturunan makhluk mitos. Di hari kelima Tahun Baru Imlek biasanya akan ada pertunjukan naga menari atau dikenal dengan barongsai. Naga ini juga melambangkan kemakmuran dan keberuntungan. Imlek di tahun 2022 ini adalah tahun Macan Air dan perayaan Imlek dilaksanakan selama bulan baru kedua setelah titik balik matahari musim dingin.

Kalender modern sendiri, Imlek biasanya jatuh di antara 21 Januari hingga 20 Februari. Pada Imlek 2022 jatuh pada hari Selasa, 1 Februari.Di dalam legenda China, Budha meminta semua hewan untuk bertemu dengannya pada hari Imlek dan menamai tahun sesuai dua belas hewan datang.

Baca Juga: Sejarah Nian Gao, Kue Keranjang yang Wajib Ada pada Perayaan Imlek

Dari legenda itu, tiap orang yang lahir di setiap tahun hewan memiliki beberapa ciri kepribadian hewan tersebut. 2. Amplop Merah Biasanya amplop merah disebut sebagai angpau atau hong bao dalam bahasa Mandarin.

Amplop merah berisi uang yang biasanya diberikan pada anak-anak atau orang dewasa yang belum menikah. Jika ornag dewasa yang sudah bekerja dan menghasilkan uang, mereka harus memberi uang hong bao pada yang lebih muda.Nah, itulah penjelasan dan alasan mengapa Hari Raya Imlek atau Tahun Baru China selalu identik dengan warna merah.

Baca Juga: Arti Gong Xi Fa Cai, Ucapan yang Digunakan saat Hari Raya Imlek

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.