Find Us On Social Media :

Pengertian dan Ciri-Ciri Hewan Karnivora, Biologi Kelas 10 SMA

Singa, yang sering dijuluki si raja hutan.

GridKids.id - Kids, sama halnya seperti manusia, tiap makhluk hidup membutuhkan makanan dan nutrisi untuk bertahan dan melanjutkan hidupnya, termasuk hewan.

Menurut jenis makanannya, hewan yang merupakan kingdom animalia dibagi menjadi tiga kelompok hewan, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk belajar tentang hewan karnivora dan ciri-cirinya. Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Karnivora

Hewan karnivora adalah hewan pemakan daging atau hewan-hewan yang bisa memperoleh energi dan nutrisi yang dibutuhkan dari sumber makanan yaitu jaringan hewan atau memangsa hewan lainnya.

Istilah karnivor diambil dari bahasa latin yaitu caro yang berarti daging dan vorare yang artinya makanan, sehingga bisa disimpulkan karnivora adalah hewan pemakan daging.

Hewan-hewan karnivor ini biasanya melakukan perburuan untuk memeroleh makanannya, inilah kenapa para karnivor ini juga dijuluki sebagai predator.

Meski terkesan buas, keberadaan karnivora diperlukan dan berperan penting sebagai penyeimbang ekosistem kehidupan, lo.

Karnivora berada di tingkat paling atas dalam rantai makanan, pada tingkatan itu enggak hanya hewan saja, tapi juga terdapat tanaman atau tumbuhan karnivora yang bisa menangkap serangga dan hewan-hewan kecil lainnya.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Cerpelai, Mamalia Karnivora yang Menggemaskan

Ciri Hewan Karnivora