Find Us On Social Media :

Pengertian Imigrasi dan Faktor-Faktor Penyebabnya, IPS Kelas 8 SMP

Ilustrasi passport yang merupakan benda wajib jika ingin masuk ke negara lain.

GridKids.id - Kids, ketika akan masuk ke negara lain, seseorang harus melalui tahapan pengecekan passport di kantor imigrasi. Apa, sih, yang kalian ketahui tentang imigrasi?

Secara etimologi, istilah imigrasi memiliki makna yang sama dengan istilah emigrasi atau transmigrasi yang berarti perpindahan penduduk.

Imigrasi secara singkat dimaknai sebagai perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain, dan orang yang melakukannya disebut dengan imigran.

Di Indonesia kegiatan imigrasi diatur dalam pasal 1 ayat 1 dalam Undang-Undang nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, yang didalamnya berisi uraian seperti "hak ikhwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Negara Republik Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara".

Proses pemeriksaan identitas imigran (TPI) dilakukan di pelabuhan, bandara, atau tempat tertentu yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai tempat masuk dan keluar dari wilayah Indonesia.

Imigran yang melanggar peraturan yang berlaku akan memeroleh sanksi dan pidana sesuai peraturan yang berlaku.

Proses imigrasi juga berlaku sebagai pengawasan pada Warga Negara Asing (WNA) yang masuk atau ingin menetap di wilayah Indonesia.

Hal ini bermaksud sebagai upaya kontrol dan juga pengawasan akan keberadaan orang asing itu dan menyesuaikan dengan ketentuan keimigrasian yang berlaku di Indonesia.

Selanjutnya akan dijelaskan tentang faktor-faktor yang mendorong terjadinya proses imigrasi. Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Migrasi, Imigrasi, Transmigrasi, dan Emigrasi

Faktor-Faktor Pendorong Terjadinya Imigrasi