Find Us On Social Media :

Pernah Merasa Bingung saat Bangun Tidur? Ternyata Ini Alasannya #AkuBacaAkuTahu

Merasa kebingungan saat baru bangun tidur di pagi hari kerap dialami sebagian orang.

GridKids.id - Kids, seperti yang kita tahu bahwa tidur merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Agar kegiatan di keesokan harinya bisa lebih produktif dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa, maka dari itu kita memerhatikan tidur yang cukup. Namun, apakah kamu pernah merasa bingung atau linglung saat baru bangun tidur? Di mana kondisi ini terjadi saat kamu terbangun dan merasa bingung dan bertanya-tanya sedang ada di mana. Jika kamu mengalami hal tersebut, kamu enggak perlu panik karena ternyata kebingungan saat bangun tidur juga ada penjelasan medisnya.

Yuk, langsung saja kita cari tahu di sini!

Confusional arousalConfusional arousal merupakan suatu gangguan tidur yang bisa menyebabkan kita bertingkah dan berperilaku aneh ata merasa bingung saat baru bangun tidur. Perilaku ini juga dapat mencakup:Baca Juga: Fenomena Sleepwalking, Kondisi yang Membuat Seseorang Berjalan Sambil Tidur

- Berpikir dalam kebingungan. - Berbicara lambat. - Lupa sesuatu. - Memberikan respons yang lambat. Penyebab confusional arousal Confusional arousal termasuk dalam kategori parasomnia yang merupakan gangguan tidur yang terjadi saat seseorang baru saja tertidur lelap atau baru bangun. Ada beberapa penyebab dan faktornya yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur, seperti: - Mengalami stres dan kecemasan. - Kekurangan tidur.Baca Juga: Istirahat Lebih Nyaman, Inilah 3 Posisi Tidur yang Bisa Bantu Redakan Hidung Tersumbat

- Dibangunkan secara paksa. - Bekerja di malam hari. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi gangguan tidur ini, kamu perlu memerhatikan penyebab dan faktornya yang bikin kamu mengalami confusional arousal atau kebingungan saat baru bangun tidur. Aturlah jadwal jam tidur kamu dengan cukup karena dengan begitu, kamu bisa bangun dengan kondisi yang segar tanpa kebingungan di pagi hari. Jika kamu enggak dapat mengatasinya dan merasa terganggu, maka sebaiknya kamu harus periksakan ke dokter. Nah, itulah penjelasan tentang mengapa kita sering merasa bingung saat baru bangun tidur dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Bisa Sebabkan Gangguan Tidur, Ketahui 3 Dampak Negatif Terlalu Sering Menonton Film Horor

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.